Aplikasi WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sementara, Ini Fungsinya

Sebagai catatan, fitur ini tidak dapat diaplikasikan untuk percakapan grup, kecuali dilakukan oleh admin grup.
Fitur Pesan Menghilang di WhatsApp. (Foto: Tagar/The Verge)

Jakarta - Aplikasi berbagi pesan milik Facebook, WhatsApp resmi menghadirkan fitur Pesan Sementara. Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan pesan yang akan secara otomatis menghilang setelah batas waktu yang sudah ditentukan oleh pengguna.

"Kami bertujuan untuk membuat percakapan di WhatsApp, semakin terasa seperti berbicara tatap muka secara langsung, yang artinya percakapan tersebut tidak harus tersimpan selamanya," tulis WhatsApp dalam keterangan di blog resminya, sebagaimana dikutip Tagar, Sabtu, 7 November 2020.

WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini sudah dapat dinikmati di beberapa negara lewat pembaruan di platform Android dan iOS. Dengan kehadiran fitur Pesan Sementara ini, pengguna lebih dimudahkan saat tidak ingin menyimpan percakapan dalam jangka waktu lama.

Setelah fitur Pesan Sementara diaktifkan, pesan baru yang dikirim lewat percakapan individu akan menghilang secara otomatis setelah 5 hari. Jangka waktu seminggu ini merupakan pengaturan default dari WhatsApp. Sebagai catatan, fitur ini tidak dapat diaplikasikan untuk percakapan grup, kecuali dilakukan oleh admin grup.

Kemudian untuk pesan media, saat fitur diaktifkan, media yang dikirim lewat percakapan akan hilang, namun tetap dapat ditemukan di galeri ponsel jika opsi unduh otomatis diaktifkan.

Jika ingin menggunakan fitur ini, harus dipastikan bahwa orang yang menerima pesan sudah mendukung dan mengaktifkan fitur ini. Sebab, jika penerima pesan tidak mendukung dan mengaktifkan fitur ini, pesan sementara tidak akan hilang dari percakapan.

Pesan sementara bisa ditemui dalam backup WhatsApp jika pengguna melakukan backup sebelum pesan menghilang. Namun pesan ini akan dihapus saat pengguna memulihkan percakapan dari backup.[]

Berita terkait
Atasi Memori Penuh, WhatsApp Rilis Fitur Storage Management
Saat ini, fitur Storage Management ini baru bisa dinikmati melalui update terbaru WhatsApp beta versi 2.20.205.7.
Perbandingan Jumlah Anggota Grup di WhatsApp dan Telegram
Kedua aplikasi chatting ini memiliki layanan grup chat, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari jumlah anggota grup.
Aplikasi WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Belanja
Aplikasi WhatsApp resmi meluncurkan fitur belanja bagi pengguna di Indonesia yang kini bisa dinikmati lewat update terbaru.
0
Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris Merauke Jaringan JAD
Densus 88 Kembali mengamankan 1 orang terduga teroris di Merauke, Papua sehingga total 11 Orang diamankan terkait Jaringan Ansharut Daulah (JAD).