YouTube Down, Perusahaan Akui Ada Masalah Teknis

Tim laman berbagi video YouTube mengaku telah mengetahui penyebab terjadinya gangguan pada platform layanan mereka sehingga terjadi YouTube down.
Logo Tim YouTube

Jakarta - Tim laman berbagi video YouTube mengaku telah mengetahui penyebab terjadinya gangguan pada platform layanan mereka. Sebelumnya, YouTube down terjadi sepanjang Kamis pagi, 12 November 2020 dan sempat menjadi perbincangan hangat di berbagai media sosial.

Dalam pernyataan resmi yang disampaikan melalui akun Twitternya, Tim YouTube mengakui bahwa telah terjadi permasalahan pada layanan mereka yang mengakibatkan YouTube mengalami down.

Kini, mereka tengah berusaha memperbaikinya serta berjanji bakal memberikan pembaruan informasi lebih lanjut.

"Jika saat ini kamu mengalami masalah saat menonton video di YouTube, kamu tidak sendirian," tulis akun Twitter resmi YouTube, dikuti Tagar pada Kamis sore, 12 November 2020.

"Tim kami telah mengetahui masalah tersebut dan berupaya memperbaikinya. Kami akan menindaklanjuti dengan berbagai pembaruan," kata mereka.

Ilustrasi YouTube DownIlustrasi YouTube Down. (Foto: Tagar)

Laman berbagi video YouTube mengalami gangguan atau down sejak Kamis pagi, 12 November 2020. Para pengguna meluapkan keluhan mereka di media sosial Twitter lantaran tidak bisa memutar video yang mereka kehendaki, baik melalui akses web maupun aplikasi mobile.

Laman YouTube masih bisa diakses para penggunanya melalui web dan Android pada Kamis pagi, namun saat mencoba memutar video, para pengguna akan menemukan tulisan "error" yang muncul di layar. Bahkan, pengguna tidak akan menemukan pilihan video sama sekali jika membuka platform milik Google ini melalui aplikasi mobile di iOS.

Laman Down Detector mencatat, laporan gangguan mulai muncul sekitar pukul 07.04 WIB dengan jumlah 799 laporan. Jumlah laporan dan keluhan kemudian meningkat drastis, dan mencapai puncaknya pada pukul 07.34 WIB dengan jumlah 2.767 kasus.

Dari peta Down Detector, gangguan terpantau terjadi di hampir seluruh wilayah di dunia, dengan Amerika Serikat dan Australia menjadi wilayah paling terdampak. Sementara, untuk Indonesia, Jakarta dan Surabaya menjadi wilayah dengan jumlah laporan gangguan YouTube paling banyak.

Laman Down Detector juga menyebutkan bahwa masalah terbanyak dilaporkan terjadi saat menonton video sebesar 97 persen, pada website sebanyak 2 persen, dan sisanya saat log-in. []

Berita terkait
Cara Buat Kartu Ucapan Hari Ayah 12 November di Google Doodle
Perusahaan raksasa teknologi Google mempersembahkan Google Doodle pada perayaam Hari Ayah yang jatuh pada hari ini, Kamis, 12 November 2020.
Bikin Channel YouTube, Lee Min Hoo Rilis Film Pendek
Aktor Korea Selatan Lee Min Ho memutuskan untuk membuka channel YouTube sendiri dan mengunggah satu film pendek karyanya.
Kominfo Koordinasi ke Twitter - YouTube Takedown Video Mirip Gisel
Kominfo tengah melakukan koordinasi dengan sejumlah platform digital seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube terkait video mirip Gisel.
0
Carlo Ancelotti Tinggalkan Everton Kembali ke Real Madrid
Carlo Ancelotti telah meninggalkan Everton untuk menjadi pelatih kepala di Real Madrid untuk kedua kalinya