UNTUK INDONESIA
Minum Es Jeruk Usai Makan Seafood Turunkan Kolesterol?
Apakah minum es jeruk setelah makan seafood dapat menurunkan kadar kolesterol?
Ilustrasi es jeruk. (Foto: Pexels)

Jakarta - Apakah minum es jeruk setelah makan seafood dapat menurunkan kadar kolesterol? Pertanyaan itu masih membayangi sejumlah orang terutama penikmat kuliner seafood.

Alasannya jelas, mereka ingin kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil usai mengonsumsi seafood. Bila dapat ditunjang dengan minum es jeruk, demi kesehatan, kenapa tidak?

Kadar kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan di dalam tubuh memang ditakuti banyak orang. Mereka yang mengalami hal itu, memiliki risiko besar terkena stroke atau serangan jantung mendadak.

Kondisi LDL tinggi memicu proses aterosklerosis, keadaan saat plak di dinding arteri menumpuk. Situasi itu mengakibatkan penyempitan pembuluh darah arteri di mana aliran darah ke organ tubuh menjadi tidak lancar.

Ilustrasi JerukIlustrasi jeruk. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Es jeruk setelah santap seafood

Dikutip dari Express.co.uk, es jeruk atau jus jeruk merupakan minuman yang ampuh untuk menurunkan kolesterol. Studi yang telah dilakukan terhadap 129 orang menemukan fakta bahwa konsumsi es jeruk dalam jangka panjang dapat menurunkan kadar kolesterol

Jeruk sendiri memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit batu ginjal.

IlustrasiIlustrasi es jeruk , (Foto: Pixabay/dennisyang988)

Zat yang terkandung pada jeruk di sebut fitosterol yang merupakan sejenis lemak yang dapat membantu penyerapan kolesterol di usus. Biasanya air perasan jeruk lemon juga digunakan sebagai campuran makanan laut.

Jadi, meminum es jeruk setelah makan seafood bisa turunkan kolesterol adalah kabar yang benar. Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat membantu penyerapan kandungan zink dan kalsium dari seafood ke tubuh. Walaupun bisa dikatakan boleh, tapi harus diperhatikan, jangan sampai makan seafood berlebihan. (Niswatul Mahmudah) 

Berita terkait
Sering Pakai Topi Bisa Bikin Rambut Botak, Mitos atau Fakta?
Topi dipakai untuk pelengkap penampilan. Namun ada anggapan sering memakainya memicu kebotakan pada rambut. Mitos atau fakta ya?
Anang Hermansyah Derita GERD, Hindari 3 Kebiasaan Ini
Anang Hermansyah operasi untuk mengatasi penyakit GERD atau asam lambung. Anda dapat mengantisipasinya dengan hilangkan 3 kebiasaan.
5 Langkah Sederhana Cegah Sakit Liver, Ampuh Asal Disiplin Ya!
Ada 5 langkah sederhana mencegah gangguan pada liver atau hati, tetapi sebaiknya disiplin menjalaninya ya.
0
Minum Es Jeruk Usai Makan Seafood Turunkan Kolesterol?
Apakah minum es jeruk setelah makan seafood dapat menurunkan kadar kolesterol?