Apa Itu Teknik Scalping Saham? Simak Penjelasannya

Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan memahami teknik scalping saham. Jangan sampai terjadi hal tak terduga dalam proses investasi saham.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Teknik scalping saham menjadi perhatian penting untuk para pemula. Hal tersebut sangat berpengaruh pada hasil permainan saham. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melangkah lebih maju saat jual beli saham.

Pada dasarnya, scalping merupakan strategi jual beli saham yang nantinya dijual kembali dalam waktu singkat. Biasanya strategi tersebut bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat. Walaupun demikian, risiko melakukan scalping sangatlah besar.

Sebagai pemula, Anda harus berhati-hati agar tidak terjadi kerugian. Tidak semua transaksi saham bisa menggunakan scalping.


Mengenal Teknik Scalping Saham

Scalping adalah strategi cepat untuk menjual saham. Biasanya trader membeli saham terlebih dahulu dan menjualnya kembali. Saham yang terjual tidak membutuhkan waktu lama karena beberapa pertimbangan.

Dalam proses penjualan saham tersebut, biasanya hanya membutuhkan hitungan waktu jam atau menit. Orang yang melakukan scalping bernama scalper. Banyak orang yang menyebut teknik tersebut hampir mirip day trading.

Hanya saja, teknik scalping cenderung menggunakan modal yang lebih besar. Sehingga tidak sama dengan day trading yang mungkin bermodal kecil. Melakukan scalping perlu memanfaatkan pergerakan kecil dari suatu komoditas agar memperoleh penghasilan.


Indikator Scalping

Teknik scalping saham memiliki beberapa indikator yang harus Anda pahami. Hal ini sangat penting untuk menjalankan strategi dengan baik dan benar. Berikut adalah penjelasan mengenai indikator scalping.


Moving Average

Indikator pertama adalah moving average yang paling mudah dilakukan. Bahkan banyak scalper yang memanfaatkan indikator tersebut karena sangat sederhana. Cara kerja dari indikator ini dengan menentukan time frame dalam sebuah trading.

Setelah itu, trader bisa meletakkan beberapa garis kombinasi untuk melakukan moving average. Dalam hal ini, perlu adanya pengujian terlebih dahulu sebelum melakukan operasional.


Bollinger Bands

Indikator berikutnya adalah bollinger bands yang memiliki time frame rendah. Anda bisa menggunakan 12 periode dan 2 deviasi. Hal terpenting ketika harga menyentuh lower band, maka Anda bisa mengambil posisi buy.

Namun sebaliknya, ketika menggunakan teknik scalping saham ini, Anda harus memperhatikan harga. Jika harga sudah menyentuh upper band, maka harus memasang posisi sell. Usahakan untuk tidak memasang stop loss dan TP pada posisi tersebut.


Stochastic

Terakhir adalah indikator stochastic yang cara kerjanya agak berbeda dengan dua sebelumnya. Pada umumnya, indikator tersebut untuk melengkapi dua lainnya. Bahkan juga bergantung pada sistem yang baru digunakan.


Mendeteksi Scalping Saham Gorengan

Trading dengan cara scalping jenis gorengan adalah cara yang tidak wajar. Hal tersebut memang memberi keuntungan para investor yang sengaja memburunya. Namun, risikonya sangat besar melebihi lainnya.

Berikut adalah cara mendeteksi teknik scalping saham gorengan.


Melihat Pergerakan Grafik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memantau pergerakan grafik. Hal ini sangat mudah dan harus Anda lakukan secara rutin. Jika grafik tersebut menunjukkan ranah patah-patah dan naik turunnya tidak stabil, maka itu saham gorengan.

Melalui grafik tersebut, setiap naik turun tidak menunjukkan garis yang teratur. Biasanya ada grafik layaknya gunung tinggi atau jarum-jarum


Mengecek Tawaran Harga

Untuk teknik mendeteksi scalping saham gorengan bisa dengan melihat tawaran harga. Jika harga berada di bawah 500, maka mudah masuk kategori saham gorengan. Para trader tidak perlu membeli saham tersebut dengan banyak uang.


Naik Turun Tanpa Sebab

Mendeteksi teknik scalping saham gorengan bisa dengan melihat perputarannya. Saham gorengan biasanya naik dan turun secara drastis. Anda perlu waspada jika sudah menemukan hal ini.

Dalam hal ini, perlu melihat dari luar maupun dalam mampu membentuk sebuah laporan keuangan yang baik. Sistem saham gorengan tidak mempertimbangkan naik turunnya saham.

Tujuan utama mereka adalah mempunyai lot terbanyak atau dengan kata lain bandar.

Sehingga perlu berhati-hati saat melakukan transaksi saham. Pasalnya, mampu memberikan dampak buruk bagi perkembangan ekonomi serta nasib saham tersebut. Hal ini menjadi dasar untuk memperoleh keuntungan cepat dalam waktu singkat.

Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan memahami teknik scalping saham. Jangan sampai terjadi hal tak terduga dalam proses investasi saham. Anda akan mudah menjalankan jual beli saham jika selalu belajar dan memahami aturan mainnya.[]


(Christina Febrinola)


Baca Juga:

Berita terkait
Ketahui Tanda Harga Saham Akan Naik dengan Cara Ini!
andlestick continuation pattern bullish yang berfungsi menunjukkan kenaikan harga saham berlanjut yang mengarah ke bullish.
Dear Pemula, Ini Lho Rincian Biaya Jual Beli Saham
Ketika saat Anda memutuskan untuk melakukan investasi saham, Anda juga harus mempertimbangkan biaya-biaya yang akan keluar.
Ketahui 4 Siklus Pasar Saham Agar Tidak Merugi
Meskipun menjanjikan profit yang menggiurkan, ada kalanya investasi saham meninmbulkan kerugian, butuh pengetahuan untuk meminimalisir kerugian.
0
Apa Itu Teknik Scalping Saham? Simak Penjelasannya
Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan memahami teknik scalping saham. Jangan sampai terjadi hal tak terduga dalam proses investasi saham.