Apa Itu Siklon Tropis Menurut BMKG?

Ada beberapa istilah yang digunakan dibeberapa daerah, pada intinya, siklon tropis adalah fenomena cuaca.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/ist)

Jakarta - Pernahkah Anda mendengar istilah siklon tropis? sebenarnya apa itu? Singkatnya, Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar dengan daya rusak yang sangat tinggi.


Pengertian siklon tropis

Menurut Peraturan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) nomor KEP. 009 Tahun 2010 tentang Prosedur Standar Operasional Pelaksanaan Peringatan Dini, Pelaporan, dan Diseminasi Informasi Cuaca Ekstrim, pengertian siklon tropis adalah sebagai berikut :

Dikutip dari laman resmi BMKG, siklon tropis adalah sistem tekanan rendah dengan angin berputar siklonik yang terbentuk di lautan wilayahtropis dengan kecepatan angin minimal 34,8 (tiga puluh empat koma delapan) knots atau 64,4 (enam puluh empat koma empat) kilometer (km)/jam di sekitar pusat pusaran.


Apa perbedaan badai, topan dan siklon tropis?

Jika Anda perhatikan ada beberapa istilah yang digunakan dibeberapa daerah :

Di Atlantik Utara bagian barat, Pasifik Utara dan tengah, Laut Karibia, dan Teluk Meksiko, fenomena cuaca seperti itu disebut “badai” atau dalam bahasa Inggris disebut hurricanes.

Di Pasifik Utara bagian barat, disebut “topan”, dalam bahasa Inggris disebut typhoons. Di Teluk Benggala dan Laut Arab, itu disebut “siklon” dalam bahasa Inggris cyclones.

Menurut WMO (World Meteorological Organization), ketiga istilah di atas hurricanes, typhoons dan cyclones itu merupakan istilah-istilah yang dipakai untuk menggambarkan satu fenomena cuaca yang sama. Jadi anda tidak perlu bingung memahami semua istilah tersebut. []


Baca Juga 



Berita terkait
Bibit Siklon Tropis Mulai Terbentuk di Perairan NTT dan Samudra Hindia
Sistem bibit siklon 99S berada di 12.6 derajat LS, 128.3 derajat BT dimana area tersebut sudah masuk di wilayah tanggung jawab TCWC Australia.
BMKG Jelaskan Dampak Bibit Siklon Tropis 922 di NTT
BMKG mendeteksi adanya Bibit Siklon Tropis 99S yang mulai terbentuk di sekitar Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur, sejak Jumat, 2 April 2021 kemarin.
Berikut Wilayah yang Akan Terkena Siklon Wallace
Siklon Wallace berpotensi topan, beberapa wilayah di Indonesia akan terkena dampaknya.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.