Apa itu Settlement? Ini Penjelasannya

Settlement adalah proses penyelesaian dari sebuah transaksi keuangan di mana penjual sudah memberikan produk/jasa pada konsumen
Ilustrasi transaksi (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Settlement adalah istilah bahasa Inggris dalam bidang bisnis dan keuangan yang artinya penyelesaian. Maksudnya, settlement adalah proses penyelesaian dari sebuah transaksi keuangan di mana penjual sudah memberikan produk/jasa pada konsumen dan konsumen sudah menyelesaikan pembayaran pada penjual/perusahaan.

Fungsi settlement sendiri adalah sebagai penyelesaian. Dimana transaksi keuangan yang dikirimkan oleh penjual ke pihak bank atau platform dompet digital untuk menyatakan bahwa baik dari penjual dan pembeli sudah melakukan tugasnya.

Ketika penjual sudah menyelesaikan pesanan dan pembeli sudah menyelesaikan pembayaran. Proses penyelesaian bank atau penyelesaian EDC juga berfungsi sebagai bagian dari pencatatan pendapatan yang diterima pada jurnal keuangan merchant atau penjual.

Proses penyelesaian transaksi tidak berlaku atau tidak bisa dilakukan apabila kondisi transaksi, sebagai berikut.


Kondisi hutang-piutang.

Penjual/merchant/perusahaan sudah menerima pembayaran namun belum memberi/menyelesaikan pesanan/produk/jasa pada konsumen.

Penjual/merchant/perusahaan sudah menyelesaikan pesanan/produk/jasa pada konsumen, tapi konsumen belum menyelesaikan pembayaran sepenuhnya.

Jadi, proses settlement hanya bisa dilakukan pada transaksi yang sudah selesai di mana penjual sudah memberikan produk/jasa dan pembeli sudah melunasi semua pembayaran.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Lituania Sarankan Konsumen Tidak Gunakan Ponsel Xiaomi
Lituania mengatakan ponsel Xiaomi dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi kegiatan penggunanya dan secara otomatis
PLN Mobile Jadi Garda Depan Layanan Konsumen Selama WFH
PLN Persero berkomitmen mengoptimalkan layanan untuk pelanggan rumah tangga guna menunjang produktivitas work from home (WFH) selama PPKM Darurat.
Bursa Kripto Lindungi Konsumen, Ciptakan Kepercayaan Publik
Jerry Sambuaga mengatakan bursa kripto, dapat meningkatkan volume perdagangan kripto dan menciptakan kepercayaan publik.
0
Apa itu Settlement? Ini Penjelasannya
Settlement adalah proses penyelesaian dari sebuah transaksi keuangan di mana penjual sudah memberikan produk/jasa pada konsumen