Tips Menarik Minat Konsumen Supaya Bisnis Ramai

Bahkan tidak jarang pebisnis yang hanya iseng mencoba tanpa disertai trik pemasaran yang tepat, sehingga tidak bisa menarik konsumen
Menarik Konsumen Agar Bisnis Tidak Sepi (Foto: Tagar/Freepik/8photo)

Jakarta – Dalam bisnis, jumlah kunsumen sedikit ataupun banyak mempengaruhi jumlah pemasukan anda. Namun, siapa yang betah melihat bisnisnya selalu sepi, pasti mereka ingin bisnisnya selalu ramai konsumen. Bisnis yang sepi disebabkan oleh kegagalan bisnis yang kurang memahami seluk beluk produk dan pasar.

Bahkan tidak jarang pebisnis yang hanya iseng mencoba tanpa disertai trik pemasaran yang tepat, sehingga tidak bisa menarik konsumen. Untuk itu, agar bisnis anda ramai dan tidak ditinggal konsumen, inilah beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.


Punya Produk Lain dari Toko Sebelah

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah usahakan cari sebuah produk yang unik dan original, sehingga bisnis anda lebih unggul daripada kompetitor. Tak perlu sudah payah membuat sesuatu ‘ada’ dari ‘ketiadaan’ seperti teori eksistensi Plato. Semua ide saling dipengaruhi dan mempengaruhi. Hanya saja, karena lewat proses adaptasi dan modifikasi, segala bentuk yang muncul dari ide seolah muncul dari pikiran sendiri.


Fokus pada Satu Segmen Pasar

Jika bisnis anda masih terbilang kecil dan punya banyak saingan, salah cara yang bisa dilakukan adalah cari celah pasar. Amatilah produk atau jasa apa yang belum ada di wilayah bisnis anda, itulah celah peluang agar bisnis anda menarik konsumen. Misalnya bisnis anda berada di lokasi ramai wisatawan, anda bisa menjual kerajinan tangan khas daerah tersebut sebagai buah tangan.


Gabung Komunitas Segmen Pasar

Tujuan ikut bergabung komunitas segmen ini bertujuan mengenalkan kebutuhan yang berkelanjutan dan mengenal lebih jauh dengan sesame komunitas. Misalnya anda menjual berbagai jenis pakan hewan peliharaan, bergabunglah dengan komunitas pecinta hewan. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual buku tips dan trik merawat hewan peliharaan. Sisi positif dari hal ini, segmen pasar bisnis menjadi semakin meluas merambah komunitas lain yang sejenis.


Lakukan Promosi di Platform Media Sosial

Bisnis di era modern seperti sekarang sangat dimudahkan dengan berbagai platform media sosial. Sudah terbukti melakukan promosi online dapat menarik konsumen dari berbagai wilayah. Bijaklah memakai media sosial, tak hanya mempromosikan produk dan membangun branding bisnis, tapi juga cara anda memantau tren sosial. Produk yang ideal adalah produk yang selalu menyesuaikan tren pasar. Meski ada produk yang tetap laku terjual sekalipun sifatnya tak dipengaruhi tren sosial.


Konsumen Memberikan Rating dan Ulasan

Dalam pemasaran bisnis online, ulasan dan jumlah rating dari konsumen sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis anda. Karena calon pembeli selalu mengecek dan membaca testimoni dari pembeli sebelumnya. Banyaknya ulasan positif tentang bisnis anda, akan semakin menarik konsumen baru dan akan membeli produk anda. Namun tentu saja anda tidak bisa memaksa konsumen memberikan ulasannya.


Tanggapi Ulasan Pembeli

Menanggapi ulasan juga dapat menarik konsumen untuk bisnis anda. Apalagi jika balasan anda ramah dan sopan. Memang ulasan yang diberikan konsumen tak selalu bagus, kadang memojokkan produk anda. Tak masalah dengan itu semua, sebagai pemilik, anda harus mengontrol emosi supaya tak terpancing berkata kasar saat menanggapinya. 

Ulasan buruk sebetulnya menjadi pelajaran untuk terus memperbaiki layanan atau produk anda. Yang penting anda tetap tanggapi dengan positif dan jadi yang lebih baik lagi di masa mendatang.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Mitos Tentang Memulai Bisnis yang Paling Sering Didengar
Pekerjaan sebagai seorang pengusaha sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini terlebih lagi dikalangan kaum milenial.
5 Tips Keuangan yang Bisa Diikuti untuk Memulai Bisnis
Bisnis pun menjadi salah satu hal yang dapat dipikirkan di tahun ini. Berikut langkah-langkah membangun bisnis.
Wajib Tahu! 4 Tips Langkah Bikin Ide Bisnis Jadi Nyata
Ide bisnis terkadang menjadi hambatan seseorang untuk memulai usaha. Helga Angelina emaparkan 4 tips untuk mewujudkan ide bisnis menjadi nyata.
0
Tips Menarik Minat Konsumen Supaya Bisnis Ramai
Bahkan tidak jarang pebisnis yang hanya iseng mencoba tanpa disertai trik pemasaran yang tepat, sehingga tidak bisa menarik konsumen