Pemerintah Kota Makassar

Apa itu Asuransi? Kenapa Sangat Penting?

Banyak orang yang berpikir asuransi itu tidak penting. Kita merasa mampu dan yakin tentang masa depan dan kemampuan kita mengatasinya.
Asuransi mobil (Foto: Tagar/Pexels/Mikhail Nilov)

Jakarta - Sering kali kita menghindar dari membeli asuransi. Kemudian berpikir mengapa saya perlu membeli asuransi jiwa atau kesehatan padahal saya masih muda dan sehat? Atau kenapa saya memerlukan asuransi untuk mobil padahal saya pengemudi yang baik?

Tidak peduli seberapa sehat kita atau seberapa baik kita lakukan secara finansial, atau seberapa baik kita mengemudi, kita semua membutuhkan asuransi. Karena asuransi berperan sebagai jarring pengaman yang secara finansial melindungimu dan keluargamu ketika terlibat masalah. 

Di sini kita akan berbicara tentang asuransi dan betapa pentingnya asuransi.


Bagaimana Cara Kerja Asuransi?

Konsep asuransi sangat mudah dipahami. Kamu membayar biaya bulanan atau tahunan kepada perusahaan asuransi untuk mengasuransikan hidup, kesehatan, kendaraan, atau properti untuk jangka waktu tertentu. Sebagai imbalannya, perusahaan asuransi membayar ganti rugi keungan jika terjadi sesuatu pada orang atau objek yang diasuransikan.

Misalnya, jika kamu mengalami kecelakaan mobil dan perlu dirawat di rumah sakit. Polis asuransi kesehatanmu akan menanggung semua biaya medis dan asuransi mobil akan membayar kerusakan. Sementara itu, jika kamu meninggal dalam kecelakaan, keluargamu akan menerima sejumlah uang sesuai dengan asuransi berjangkamu.


Kenapa Asuransi Penting?

Banyak orang yang berpikir asuransi itu tidak penting. Kita merasa mampu dan yakin tentang masa depan dan kemampuan kita mengatasinya. Namun, ada perbedaan antara kemampuan dan realitas. Misalnya, tabungan bertahun-tahunmu digunakan untuk biaya rumah sakit karena kecelakaan.

Berikut ada tiga alasan pentingnya asuransi.


Asuransi Memastikan Stabilitas Keuangan

Tidak peduli seberapa lama dan kerasnya kamu menabung untuk masa depan, peristiwa tidak terduga bisa membuatmu terpaksa mengambilnya. Misalnya, jika kamu tidak mempunyai asuransi kesehatan, tagihan rumah sakit selama perawatan apapun bisa membuat goyah keunganmu. Jadi, sangat penting bagimu untuk melindungi keluargamu dengan jumlah asuransi yang memadai.


Asuransi Membawa Ketenangan Pikiran

Premium yang kamu bayarkan kepada perusahaan asuransi adalah harga yang menjamin perusahaan asuransi menanggung kerusakan jika peristiwa tidak terduga terjadi.


Asuransi Mengurangi Stress

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Peristiwa-peristiwa tidak terduga dapat membalikkan keadaan dan bisa membuatmu stress. Mempunyai asuransi yang memadai dapat membantumu mengurangi beban pikiran. Setidaknya kamu tidak perlu memikirkan uang di masa sulit dan fokus pada proses pemulihan.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Ini Yang Terjadi Jika Perusahaan Asuransi Bangkrut
Aetna Life diakuisisi ING Life dan diambil alih lagi oleh Manulife. PT Asuransi Jiwa Sewu New York Life berubah diakuisisi Sequish Life.[
Inilah 4 Cara Mudah Memilih Asuransi yang Tepat
Terkadang melihat harga asuransi dan ulasan-ulasan di online sudah cukup bagi sebagian orang.
Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat Sesuai dengan Kebutuhan
Anda mungkin tergoda untuk memilih perusahaan asuransi berdasarkan harganya yang paling terjangkau.
0
Apa itu Asuransi? Kenapa Sangat Penting?
Banyak orang yang berpikir asuransi itu tidak penting. Kita merasa mampu dan yakin tentang masa depan dan kemampuan kita mengatasinya.