UNTUK INDONESIA

Antisipasi Pagebluk Covid Naik Usai Tahun Baru di Yogyakarta

Pemkot Yogyakarta sudah menyiapkan langkah antisipasi jika pagebluk Covid-19 naik usai Tahun Baru. Area publik tetap dibuka saat malam Tahun Baru.
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Purwadi menyatakan pihaknya sudah siapkan langkah antisipasi jika ada lonjakan kasus Covid-19 usai Tahun Baru. (Foto: Tagar/Evi Nur Afiah)

Yogyakarta - Pemerintah Kota Yogyakarta (Pemkot) sudah mempersiapkan diri jika terjadi lonjakan kasus pagebluk Covid-19 usai momen pergantian tahun. Kawasan publik dan wisata seperti Tugu, Malioboro, dan Titik Nol Kilometer tetap dibuka saat malam Tahun Baru. 

"Kami sudah mengantisipasi sejak awal Desember 2020 dengan menambah kamar-kamar dan rumah sakit," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Purwadi kepada wartawan ditemui saat malam pergantian tahun di Museum Benteng Verdeburk, Kamis malam, 31 Desember 2020.

Masih ada 70 kamar yang memang belum dibuka, untuk antisipasi terjadinya lonjakan kasus

Menurut Heroe, Yogyakarta sudah berkomitmen menambah 98 kamar untuk pasien positif covid-19. Saat ini, 28 kamar di antaranya sudah digunakan. 

"Masih ada 70 kamar yang memang belum dibuka, untuk antisipasi terjadinya lonjakan kasus," ucap dia.

Bagi Heroe, lonjakan kasus positif covid karena pageblug ini tidak hanya menimpa Kota Yogyakarta saja. Artinya di hampir seluruh wilayah di Tanah Air juga mengalami hal yang sama. Namun Pemkot Yogyakarta sendiri tak henti-hentinya menggaungkan perilaku 4M. 

"Kami menerapkan protokol kesehatan 4M, bukan 3M lagi,” ujar dia. 

Selain memakai masker, mencuri tangan, menjaga jarak sebagai langkah upaya mencegah sekaligus memutus rantai penularan Covid-19, Pemkot Yogyakarta juga meminta agar masyarakat menerapkan perilaku disiplin dengan menghindari kerumunan. 

Baca juga: 

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menegaskan tidak ada penutupan total di sejumlah titik publik seperti Tugu, kawasan Malioboro sampai Titik Nol Kilometer saat malam Tahun Baru. 

Kebijakan itu menuai pro dan kontra. Banyak yang mengkhawatirkan jika Tugu, Malioboro, dan Titik Nol tidak ditutup saat momen pergantian tahun akan berimbas pada meningkatnya penyebaran Covid-19 di Yogyakarta. []

Berita terkait
Menyusuri Sejumlah Makam Kuno di Kotagede Yogyakarta
Sejumlah makam kuno terdapat di kawasan Kotagede, Yogyakarta. Dari sejumlah makam kuno itu ada beberapa cerita menarik.
Malioboro Yogyakarta Tetap Buka saat Malam Tahun Baru
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menegaskan Malioboro tetap buka saat malam pergantian Tahun Baru 2021.
Bayi 9 Bulan Suspect Corona di Sleman Yogyakarta Meninggal
Seorang bayi di Sleman, Yogyakarta, yang memiliki gejala mirip penyakit corona meninggal dunia. Pemakaman dilakukan sesuai protokol pagebluk.
0
Antisipasi Pagebluk Covid Naik Usai Tahun Baru di Yogyakarta
Pemkot Yogyakarta sudah menyiapkan langkah antisipasi jika pagebluk Covid-19 naik usai Tahun Baru. Area publik tetap dibuka saat malam Tahun Baru.