UNTUK INDONESIA
Anggota TNI dari Tarakan Gantung Diri di Humbahas
Seorang anggota TNI aktif ditemukan tewas gantung diri di rumah orangtuanya di Kabupaten Humbahas.
HIS, 24 tahun, anggota Batalion Infanteri Mekanis 643/WNS Tarakan Kalimantan Utara, ditemukan tewas di rumah orangtuanyadi Kabupaten Humbahas, Senin, 2 Maret 2020 sore. (Foto: Tagar/Istimewa)

Doloksanggul - Seorang anggota TNI aktif berinisial HIS, 24 tahun, ditemukan tewas di rumah orangtuanya di Dusun I, Desa Onanganjang, Kecamatan Onanganjang, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara, Senin, 2 Maret 2020 sore.

HIS tewas tergantung pada sehelai kain sarung yang menjerat lehernya. Belum diketahui motif HIS gantung diri.

Pria berpangkat Sersan Dua (Serda) TNI itu, pertama kali ditemukan ayahnya, Dusson Sihite, sepulang dari ladang bersama abang HIS bernama Parlindungan Sihite.

Kepala Penerangan Korem 023/KS Mayor Arh Keles Sinaga kepada Tagar melalui telepon selulernya pada Selasa, 3 Maret 2020, mengatakan HIS adalah anggota Batalion Infanteri Mekanis 643/Wanara Sakti Tarakan, Kalimantan Utara.

Disebutkan, selama di rumah orangtuanya, HIS murung dan berdiam diri. "Dari pengakuan orang tuanya, dalam tiga hari ini korban selalu diam, hingga ditemukan gantung diri dengan menggunakan kain sarung,” ungkap Keles.

Menurut Keles, sesuai keterangan anggota TNI di lapangan HIS tidak sedang cuti libur dari kesatuannya.

Informasinya, korban katanya cuti libur satu minggu

"Menurut keterangan Serda Sutan Lumbangaol Babinsa Koramil Onanganjang, yang bersangkutan tidak ada izin cuti dari kesatuan dan keberadaan korban tidak sepengetahuan Koramil Onanganjang," katanya.

Kematian HIS disebut ditangani Kepolisian Resor Humbahas dan Koramil 09/Onanganjang untuk proses lebih lanjut. Sementara jenazah korban ditempatkan di Puskesmas Onanganjang untuk diautopsi.

Camat Onanganjang Ferry Sitorus, menyebut HIS tidak berdomisili di Kecamatan Onanganjang. Namun yang bersangkutan anak dari warganya.

"Status kependudukan korban bukan Dusun I Desa Onanganjang. Namun korban adalah anak salah satu warga kami,” kata Sitorus.

Informasi dihimpun dari warga dan keluarga, kehadiran HIS di Onanganjang untuk berlibur. "Informasinya, korban katanya cuti libur satu minggu. Kemudian tidak ada terdengar cekcok dengan keluarga," ungkapnya.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polres Humbahas Ajun Inspektur Polisi Satu S Purba, menyebut pihaknya sudah menerima laporan anggota TNI tewas di Kecamatan Onanganjang.

Berita terkait
Cara Masyarakat Humbahas Merespons Wabah Corona
Untuk pencegahan virus corona Pemkab Humbahas mengandalkan puskesmas melakukan sosialisasi kepada masyarakat.
Kebakaran Hebat di Humbahas, Belasan Rumah Hangus
Terjadi kebakakaran hebat di kawasan permukiman padat penduduk Desa Hauagong, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbahas.
Ditunjuk Megawati di Humbahas, Calon Wabup Mundur
Yanto Sihotang mundur dari pencalonan sebagai bakal calon wakil bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Humbahas 2020.
0
Pasien Positif Corona di Aceh Bertambah, Total 10
Seorang pasien dalam pengawasan di Aceh kembali dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19).