UNTUK INDONESIA
Aneka Kuliner Nasi Khas Jawa Timur Bikin Nambah Lagi
Makan apapun kalau pakai nasi memang selalu ramah di mulut dan juga perut, berikut Tagar ulas aneka kuliner nasi khas Jawa Timur pengugah selera.
Aneka Kuliner Nasi Khas Jawa Timur Bikin Nambah Lagi. (Foto: maduracity)

Jakarta - Nasi makanan pokok Indonesia yang bisa diolah menjadi kuliner yang khas, cita rasanya menggoda, ingin rasanya menyantap kembali.

Bila mengulik khas nasi di Jawa Timur, ritual pengolahan nasi dibuat sedemikian rupa, menghasilkan masakan yang berbeda-beda dengan rasa yang tidak perlu diragukan lagi.

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber beberapa kuliner nasi di Jawa Timur yang menggoda selera.

1. Nasi Krawu

Nasi krawuAneka Kuliner Nasi Khas Jawa Timur Bikin Nambah Lagi. (Foto: gotravelly)

Nasi Krawu menjadi salah satu kuliner nasi khas Gresik, Jawa Timur. Isiannya nasi, potongan daging sapi yang sudah dibumbui, kemudian ditambah sambal terasi dan serundeng kelapa. Bisa juga dikombinasikan dengan lauk pauk pelengkap lainnya.

Nama krawu sendiri diambil dari krawu kelapa, serundeng dan bumbu manggut, memberikan cita rasa yang berbeda dengan olahan nasi lainnya.

2. Nasi Pecel

Nasi PecelAneka Kuliner Nasi Khas Jawa Timur Bikin Nambah Lagi. (Foto: eresep)

Nasi pecel merupakan salah satu kuliner khas daerah Jawa Timur. Perpaduan nasi dengan aneka ragam sayuran, seperti tauge, bayam, dan lain lain, kemudian disiram dengan bumbu pecel khas Jawa Timur membuat lidah bergoyang.

Bahan bumbu kacang kombinasi dari gula jawa, kacang, cabai, dan bawang yang diolah, teksturnya cair karena diberikan air panas terlebih dahulu.

3. Nasi Serpang

Nasi SerpangAneka Kuliner Nasi Khas Jawa Timur Bikin Nambah Lagi. (Foto: maduracity)

Selain sate, Madura memiliki Nasi Serpang sebagai makanan khas. Olahan kuliner ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan berbagai lauk pauk pendamping, seperti telur asin, bakwan jagung, soun bumbu kecap, udang, rempeyek, dan sambal.

Nasi Serpang Ibu Chairul yang terletak di Jalan Raya Mulyosari 212, Surabaya salah satu rekomendasi bila ingin menyantap kuliner khas Surabaya ini. 

Buka setiap hari mulai pukul 05.30 sampai 16.00 WIB. Satu piring nasi serpang dibanderol dengan harga Rp 22.000 per-porsinya.

4. Nasi Sodu

Nasi SoduAneka Kuliner Nasi Khas Jawa Timur Bikin Nambah Lagi. (Foto: picpanzee)

Nasi sodu kuliner khas Jawa Timur yang menjadi khasnya daerah Situbondo. Keunikan dari makanan ini terletak dari cara penyajiannya yang masih tradisional, menggunakan wadah dan sendok dari daun pisang.

Olahan ini terdiri dari nasi dengan siraman kuah santan labu, ditambah sambal cengi. Biar menambah semangat makan, bisa menambahkan tauge.

Nasi sodu biasanya dijadikan sarapan pagi oleh warga Situbondo, Jawa Timur.

5. Nasi Karak

Nasi KarakAneka Kuliner Nasi Khas Jawa Timur Bikin Nambah Lagi. (Foto: hennydb.files.wordpress)

Nasi Karak atau biasa disebut sego karak salah satu kuliner khas daerah Gresik, Jawa Timur. Berasal dari bahasa Jawa, sego memiliki arti nasi, dan karak artinya kering.

Nasi Karak terdiri dari nasi dan ketan yang ditanak hingga matang, kemudian diberikan parutan kelapa dan tempe goreng. Tambahkan cabai untuk menambah cita rasa pedas. Lebih lezat lagi, disantap saat pagi hari saat dijadikan menu sarapan. []

Berita terkait
Kuliner Khas Cianjur dengan Cita Rasa Otentik Sunda
Cianjur yang berada di Provinsi Jawa Barat, asal presenter Allan Wangsa menyajikan beberapa kuliner tradisional dengan cita rasa otentik sunda.
Lima Kuliner Jalanan Khas Jombang
Daerah asal Salahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah di Jombang, Jawa Timur memiliki banyak kuliner Jalanan lezat.
Kuliner Khas Surabaya dengan Cita Rasa Tradisional
Surabaya memiliki beberapa kuliner khas dengan cita rasa tradisional yang bakal mengoyang lidah. Mau tahu apa saja kulinernya?
0
Hoaks Pembuatan SIM Kolektif di Sumatera Utara
Beredar di Sumatera Utara, kabar pengurusan SIM secara kolektif. Ternyata cuma hoaks.