UNTUK INDONESIA
Kuliner Khas Surabaya dengan Cita Rasa Tradisional
Surabaya memiliki beberapa kuliner khas dengan cita rasa tradisional yang bakal mengoyang lidah. Mau tahu apa saja kulinernya?
Kuliner Khas Surabaya dengan Cita Rasa Tradisional. (Foto: Instagram/eattemptationsby)

Jakarta - Surabaya salah satu surga kuliner di Indonesia. Beragam hidangan kuliner dengan cita rasa tradisonal dapat ditemukan di sertiap sudut kota.

Nah, berikut Tagar rangkumkan beberapa kuliner khas Surabaya yang kental dengan cita rasa nusantara.

1. Pecel Semanggi

Pecel SemanggiKuliner Khas Surabaya dengan Cita Rasa Tradisional. (Foto: Instagram/foodnusantara.id)

Pecel Semanggi salah satu kuliner khas yang ada di Surabaya, Jawa Timur. Berbeda dengan pecel pada umumnya, kuliner tradisional ini dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan disiram dengan sambal bumbu pedas.

Biasanya, pecel semanggi dihidangkan bersama taoge rebus, kangkung, dan kerupuk puli (kerupuk yang terbuat dari beras). Lebih nikmat lagi ditambah bumbu khas semanggi yang terbuat dari ketela rambat, kacang tanah, gula merah, dan cabai.

2. Lontong Balap

Lontong BalapKuliner Khas Surabaya dengan Cita Rasa Tradisional. (Foto: Instagram/eattemptationsby)

Lontong balap merupakan ciri khas kota Surabaya, Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal.

Sepiring lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong dilengkapi dengan irisan tahu dan remasan beberapa lentho. Tidak lupa dikombinasikan dengan kecambah setengah matang, kuah secukupnya, sambal dan kecap. 

Biasanya lontong balap dihidangkan bersama beberapa tusuk sate kerang. 

3. Sate Klopo

Sate KlopoKuliner Khas Surabaya dengan Cita Rasa Tradisional. (Foto: Instagram/eattemptationsby)

Sate klopo atau sate kelapa salah satu kuliner wajib saat berkunjung ke Surabaya. Kuliner ini terbilang unik karena menggunakan kelapa atau klopo dalam pembuatannya. 

Tusukan daging sapi atau ayam dibaluri bumbu kelapa parut saat dibakar. Pelengkapnya berupa serundeng yang juga terbuat dari kelapa.

Sate ini disajikan di atas bumbu kacang dan kecap. Dilengkapi irisan bawang merah, potongan cabai rawit, dan serundeng.

4. Rujak Cingur

Rujak CingurKuliner Khas Surabaya dengan Cita Rasa Tradisional. (Foto: Instagram/eattemptationsby)

Bagi masyarakat Surabaya, rujak cingur menjadi salah satu makanan yang dibanggakan. Racikan sayur, buah dan cingur sapi sudah berusia puluhan tahun.

Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah, seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, cingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. 

Semua bahan bercampur menjadi satu dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang, gula, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). 

Semua bumbu dicampur dengan cara diulek, karena hal itu sebabnya ujak cingur sering disebut juga rujak ulek. []

Berita terkait
Gultik Kuliner Legendaris Blok M Jakarta Selatan
Gultik Blok M, Jakarta Selatan menjadi tempat kuliner yang sudah populer di masyarakat dari berbagai kalangan.
5 Kuliner Khas Wuhan China, Letak Virus Corona
Tak hanya makanan ekstrem seperti sup kelelawar dan tikus. Wuhan di China, yang belakangan disoroti pelahir virus corona, punya kuliner lezat.
Empat Kuliner Aceh Kesukaan Presiden Jokowi
Presiden RI Joko Widodo punya kuliner kesukaan saat berkunjung ke Aceh.
0
Harga dan Spesifikasi Infinix Note 7
Infinix Note 7 mengandalkan baterai jumbo 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat 18 watt, yang mendukung untuk main game seharian.