UNTUK INDONESIA
Ancaman Polisi untuk Penimbun Masker di Padang
Polda Sumatera Barat bakal menindak tegas siapa saja yang terindikasi menimbun masker di saat situasi masyarakat khawatir ancaman corona.
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto. (Foto: Tagar/Istimewa/Polda Sumbar)

Padang - Polisi bakal menindak tegas siapa saja yang terindikasi menimbun masker. Pasalnya, sejak virus corona merebak, ketersediaan masker di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), semakin langka. Kalau pun ada, harganya naik tiga kali lipat.

Jangan sampai menjadi permasalahan bagi para apoteker dengan menaikkan harga masker atas maraknya isu wabah virus corona.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan Kapolda telah meminta Ditreskrimsus Polda Sumbar untuk melakukan pengecekan ke sejumlah apotek, terkait kelangkaan masker di Padang.

"Petugas akan melakukan pengecekan ke apotek di Padang. Kami minta para apoteker tidak memanfaatkan situasi dengan menjual masker dengan harga mahal," kata Satake Bayu, Selasa, 3 Maret 2020.

Dia meminta para apoteker menjual harga masker secara normal. Pihaknya juga tidak akan segan menindak tegas siapa saja yang terindikasi melakukan penimbunan masker.

"Jangan sampai menjadi permasalahan bagi para apoteker dengan menaikkan harga masker atas maraknya isu wabah virus corona," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal mengatakan kenaikan harga masker diakibatkan tingginya permintaan masyarakat. Padahal sebelumnya, penjualan masker cukup stabil.

"Sebelum pertengahan Januari penawaran dan produksi stabil. Karena ada hal mendesak akibatnya permintaan naik, dan hukum ekonomi berlaku," katanya.

Dia memastikan tidak ada upaya penimbunan masker di Kota Padang. Sebab, stok masker memang mengalami penurunan. "Kami tidak bisa menahan dengan dinaikkan harga masker, karena kebutuhan luar biasa. Ini sejenis bencana mendadak, sementara produksi berkurang," tuturnya. []


Berita terkait
Virus Corona Bikin Harga Masker di Padang Melejit
Wabah virus corona juga memicu kenaikan harga masker di Kota Padang, Sumatera Barat.
Panik, Warga Padang Borong Masker Harga Tinggi
Wabah virus corona menimbulkan kekhawatiran bagi warga Padang. Bahkan, mereka rela memborong masker dengan harga tinggi.
Waspada Corona, Dosen Unand Dilarang ke Luar Negeri
Seluruh civitas akademika Universitas Andalas dilarang berkunjung ke luar negeri untuk menghindari penyebaran virus corona.
0
Bara JP: Agar Penyaluran Bantuan Sosial Tepat Sasaran
Agar penyaluran bantuan sosial tepat sasaran dalam situasi darurat Covid-19, pemerintah secara efektif bisa menggandeng barisan relawan. Bara JP.