UNTUK INDONESIA
Anang Hermansyah Derita GERD, Hindari 3 Kebiasaan Ini
Anang Hermansyah operasi untuk mengatasi penyakit GERD atau asam lambung. Anda dapat mengantisipasinya dengan hilangkan 3 kebiasaan.
Anang Hermansyah melakukan operasi kecil di Bali untuk memperbaiki kondisi kesehatannya akibat penyakit GERD atau asam lambung. (Tangkapan layar YouTube The Hermansyah A

Jakarta - Di balik rasa gembira yang kerap menyelimuti Anang Hermansyah, ternyata penyanyi itu dihadapkan dengan masalah kesehatan GERD (gastroesophageal reflux disease), atau penyakit asam lambung

Untuk mengatasinya, pria berusia 51 tahun itu menjalani operasi kecil di bagian lambung. Ashanty yang menemani suaminya operasi di Bali menceritakan kondisi terkini ayah dari Aurel Hermansyah tersebut.

Ashanty mengatakan Anang memiliki penyakit lambung yang cukup kronis. Ia menebak GERD yang dialami suaminya terjadi karena kebiasaan Anang, salah satunya enggan melakukan pola makan sehat.

"Ada masalah di lambung itu GERD sama refluks. Tadi dibiopsi juga diambil mau dicek, kira-kira ada yang berbahaya atau enggak hasilnya seminggu lagi," tutur Ashanty, dikutip dari kanal YouTube The Hermansyah A6.

Baca juga:

GERD diketahui merupakan kondisi saat asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Penyebab dari penyakit ini melemahnya katup atau sfingter di bagian kerongkongan paling bawah.

Gejala ketika GERD kambuh, yaitu rasa asam atau pahit di mulut, sensasi panas atau perih di dada, dan ulu hati. Kondisi itu akan makin parah saat penderitanya berbaring atau membungkuk.

Anda juga dapat mencegah GERD atau asam lambung dengan menghindari 3 kebiasaan berikut ini:

1. Ubah kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok tidak baik untuk sejumlah organ tubuh. Sebut saja jantung, patu-paru, bahkan lambung. Bagi penderita GERD, merokok dapat memicu asam lambung naik. Terlebih dilakukan setelah makan atau perut kosong.

Asam LambungIlustrasi sakit GERD atau asam lambung. (Foto: Rumah123.com)

2. Pilih-pilih makan

Mengonsumsi makanan pedas, terlalu asam, bisa memicu GERD kambuh. Hindari juga minum soda, atau kopi terlalu banyak. Tak sedikit juga GERD dialami setelah seseorang mengonsumsi teh.

Perhatikan juga menu, agar tidak terlalu sering menyantap makan kering-keringan tanpa sayur. Sayuran berkuah baik bagi penderita GERD, karena makanan yang tercampur kuah dapat membantu lambung memproses santapan ke dalam perut.

Di satu sisi, biasakan makan sayur dan buah-buahan setiap hari agar badan sehat.

3. Mikir lagi deh kalo begadang

Tidur sering larut malam atau begadang menjadi kebiasaan, siap-siap mengalami gangguan pada lambung. Begadang juga bisa memicu bobot tubuh naik, ketika berat badan menjadi berlebih maka peluang terkena GERD juga besar.


Berita terkait
Bikin Awet Muda, 4 Jenis Makanan Ber-Kolagen dari Alam Semesta
Alam semesta yang dikaruniai beragam jenis makanan, juga memiliki aneka resep rahasia awet muda. Salah satunya kolagen.
Merasakan Makanan Seperti Ini? Bisa Jadi Anda Positif Corona
Mereka yang menduga terinfeksi virus corona bisa mengujinya dengan mengetes indera pengecap saat merasakan makanan.
Vitamin Wajib Bagi Suporter Fanatik Sepak Bola
Suporter sepak bola Tanah Air dikenal fanatik dan kerap terjaga. Berikut rekomendasi vitamin wajib bagi fan kulit bundar.
0
Kesiapan Wisata Pule Payung Kulon Progo Sambut Wisatawan
BOB terus mendampingi pengelola wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah, salah satunya Pule Payung. Berikut kesiapan objek wisata di Kulon Progo.