Ampuh Cegah Kerutan, Inilah 4 Manfaat Spilanthol dalam Perawatan Kulit

Spilanthol adalah asam lemak yang terkandung dalam tumbuhan Acmella oleracea atau dikenal juga sebagai paracress. Inilah manfaatnya bagi kulit.
Ilustrasi - Spilanthol untuk Perawatan Kulit. (Foto: Tagar/Beauty)

Jakarta - Bagi sebagin kamu kata spilanthol mungkin sangat asing di telinga. Namun, spilanthol memiliki manfaat dalam perawatan kulit. Nah, spilanthol adalah asam lemak yang terkandung dalam tumbuhan Acmella oleracea atau dikenal juga sebagai paracress.

Sejak dulu, bagian daun dan bunga tumbuhan ini telah menjadi obat tradisional untuk mengatasi banyak penyakit. Pada pengobatan tradisional, spilanthol menjadi bahan untuk mengatasi sakit gigi, sakit kepala, radang sendi, dan penyembuhan luka. Berikut manfaatnya.


1. Mengurangi peradangan

Spilanthol memiliki sifat antiradang sehingga bisa mengurangi bengkak dan kemerahan pada wajah. Menurut penelitian dalam International Journal of Molecular Sciences, sifat antiradang yang kuat ini dapat mengurangi peradangan terkait alergi.

Hal ini tentu berguna bagi penderita eksim dengan kulit yang sering gatal, kering, dan pecah-pecah. Penggunaan produk skincare untuk eksim yang mengandung senyawa ini bahkan bisa membantu kinerja obat eksim.


2. Mengatasi kulit kusam

Spilanthol merupakan zat antioksidan, seperti halnya vitamin C, vitamin E, retinol, dan niacinamide. Penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan ini dapat melindungi kulit dari polusi yang kerap menyebabkan kulit kusam.

Tidak hanya itu, antioksidan dalam produk skincare juga membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan radikal bebas. Jadi, kulit akan senantiasa sehat, lembap, dan terlindungi dari kerusakan.


3. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Sebuah penelitian di Brasil menemukan bahwa spilanthol berpotensi mengurangi gerakan otot-otot wajah yang menjadi penyebab kerutan dan garis halus di wajah.

Uniknya, ini merupakan cara kerja yang sama seperti suntik botoks. Tidak heran bila senyawa ini memiliki julukan sebagai botoks organik. Memang belum banyak penelitian yang mendukung khasiat spilanthol sebagai botoks alami, tapi perannya dalam menyehatkan kulit tetaplah besar.


4. Membantu penyerapan produk skincare lainnya

Terkadang, hasil skincare tidak terlihat karena kulit terlalu kering atau bahan-bahan aktifnya tidak terserap secara optimal ke dalam lapisan kulit.

Menurut Ana Mansouri, dokter spesialis kulit dan kecantikan di Kat & Co. Aesthetics, spilanthol dapat membantu penyerapan zat-zat aktif. Asam lemak ini dapat meningkatkan penyerapan krim mata, pelembap, dan masih banyak lagi. []

Berita terkait
Cara Menetralkan Kulit Wajah Sebelum Ganti Skincare
Mengubah rutinitas skincare secara mendadak bisa menimbulkan masalah pada kulit, apalagi bila Anda memiliki kulit sensitif. Inilah caranya.
Cara Pakai Setrika Wajah Tanpa Harus ke Klinik Kecantikan
Setrika wajah merupakan alat perawatan wajah yang memanfaatkan gelombang Radio Frequency untuk meningkatkan kolagenisasi. Ini cara pakainya.
Cara Penggunaan Gua Sha untuk Mengurangi Bengkak pada Wajah
Gua Sha dapat membantu tubuh kita mengedarkan darah lebih efektif yang dapat mengurangi peradangan dan ketegangan pada otot.
0
Ampuh Cegah Kerutan, Inilah 4 Manfaat Spilanthol dalam Perawatan Kulit
Spilanthol adalah asam lemak yang terkandung dalam tumbuhan Acmella oleracea atau dikenal juga sebagai paracress. Inilah manfaatnya bagi kulit.