UNTUK INDONESIA
Amien Rais Husnuzan pada Jokowi Soal Konflik Papua
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais husnuzan bahwa konflik Papua tidak akan berkepanjangan. Ia yakin pemerintah dapat menyelesaikan konfliknya.
Amien Rais saat tiba di Polda Metro Jaya memenuhi panggilan polisi sebagai saksi atas kasus hoax Ratna Sarumpaet. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi)

Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais husnuzan bahwa konflik Papua tidak akan berkepanjangan. Amin memiliki keyakinan pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat menyelesaikan konflik yang terjadi di Papua.

"Mudah-mudahan Mas Jokowi ini bisa berhasil. Tapi kalau tidak, itu takdir Allah," kata Amien di Jakarta, Selasa, 3 September 2019 seperti dilansir Antara.

Baca juga: Nasib Ketua DPD Perindo yang Membawa Bintang Kejora

Kendati demikian, Mantan Ketua MPR ini tetap mewanti-wanti pemerintah untuk bekerja secara profesional dalam menyelesaikan konflik Papua. Sebab, bukan tak mungkin Papua lepas dari Indonesia.

"Jangan pernah kita biarkan saudara-saudaraku, Papua dan Papua Barat lepas karena ditangani secara amatiran," ucapnya.

Jika sampai Papua memisahkan diri sebagai provinsi, ia khawatir akan menimbulkan efek domino bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Mudah-mudahan tidak terjadi. Kalau sampai lepas, kira-kira loh, ada efek domino yang luar biasa," ujar Amien. []

Berita terkait
Begini Cara Atasi Konflik Papua Menurut Amien Rais
Menurut Amin Rais, Konflik Papua harus ditangani dengan pendekatan hati dan kemanusiaan. Yakni duduk bersama para tokoh dan perusuh.
Tersangka Rasis di Asrama Mahasiswa Papua Resmi Ditahan
Polda Jawa Timur resmi menahan dua tersangka dalam kasus ujaran kebencian dan rasisme terhadap mahasiswa asal Papua di SUrabaya.
DPR: Aktor Intelektual Ricuh Papua Seret ke Pengadilan
Adanya dugaan keterlibatan pihak asing dalam kericuhan di Papua harus diungkap demi rasa keadilan rakyat Papua.
0
Relawan Sebut Menteri Jokowi Belum Cerminkan Nawacita
Bagi kelompok relawan nama-nama menteri yang sudah dipanggil belum memenuhi kriteria khususnya visi Nawacita.