UNTUK INDONESIA
Alasan Ustaz Abdul Somad Berceramah di Yogyakarta
Ditolak oleh UGM, Ustaz Abdul Somad tetap mendapat tempat di dua kampus lain di Yogyakarta.
Ustaz Abdul Somad saat mengisi ceramah Muslim United di Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Sabtu 12 Oktober 2019 malam. (Foto: Tagar/tangkapan layar video panitia)

Yogyakarta - Muslim United mengundang Ustaz Abdul Somad menjadi penceramah. Awalnya, acara yang dipandegani Forum Ukhuwah Islamiyah ini digelar di Kagungan Dalem Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Namun, Keraton Yogyakarta tidak mengizinkan masjid yang dibangun sejak 1773 itu digunakan untuk acara bertajuk "Sedulur Sak Lawase" tersebut. Hari pertama tetap digelar di tempat semula, namun hari ke dua berpindah ke Masjid Jogokariyan.

Sebelumnya, Kampus UGM Yogyakarta juga tidak mengizinkan takmir masjid kampus setempat mengundang Ustaz Abdul Somad. Ditolak oleh UGM, Ustaz Abdul Somad tetap mendapat tempat di dua kampus lain di Yogyakarta.

Sabtu 12 Oktober 2019 malam, Ustaz Abdul mengisi ceramah di Masjid Jogokariyan. Ribuan jamaah hadir di sana. Dalam ceramahnya, ustaz yang PNS ini sempat mengungkap singkat alasannya tetap datang ke Yogyakarta.

Dia mengatakan, sebelum bertolak ke Yogyakarta sempat ditanya oleh temannya. "Ustaz Somad, Anda mau ceramah di Yogyakarta? Saya jawab iya," katanya dalam sepenggal ceramahnya di Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Sabtu 12 Oktober 2019 malam.

Ustaz Somad mengatakan, temannya lalu bilang di Yogyakarta nanti ada begini begitu. "Saya jawab, tidak apa-apa. Saya akan maju terus karena tiket sudah dibeli," kata dia.

Ustaz yang sering disapa UAS ini mengaku tidak takut dengan siapa pun, selain kepada Allah SWT.

"Kita tidak takut dengan siapa siapa pun, kita hanya takut pada Allah. La haula wala quawata ilabillah. Pepatah orang Melayu, sekali layar terkembang surut untuk berpantang," katanya.

Setelah dijalani, Ustaz Abdul Somad mengaku senang di Yogyakarta. "Alhamdulillah, tadi di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta jamaahnya melimpah ruah. Malam ini di Masjid Jogokariyan melimpah ruah juga," kata dia.

Insyaallah acara Muslim United ini ditonton di dunia dan di akhirat

Pagi harinya, Minggu 13 Oktober, Ustaz Abdul Somad mengisi ceramah di Kampus Universitas Ahmad Dahlan yang jumlah mahasiswanya 28.000 orang.

"Saya ini bukan ustaz kaleng-kaleng," kata ustaz dengan nada guyonan yang langsung mendapat tepuk tangan meriah para jamaah yang mendapati Masjid Jogokariyan.

Ustaz Abdul Somad dalam membawakan ceramahnya kerap diselingi humor dan candaan. Itu yang membuat ribuan jamaah di malam itu tetap mendengarkan ceramahnya sampai akhir.

Salah satu poin dalam ceramahnya, Ustaz Abdul Somad mengajak umat Islam dengan segala kelebihannya membangun agama Allah. Acara Muslim United ini juga bagian dalam upaya menolong agama Allah.

Ustaz Abdul Somad mengatakan, acara Muslim United dilihat oleh seluruh dunia. "Insyaallah acara Muslim United ini ditonton di dunia dan di akhirat," katanya

Ustaz mengutip ayat Alquran, segala amal kebaikan manusia akan ditunjukkan Allah kepada mereka di akhirat. Begitu juga amal perbuatan di Muslim United ini ditunjukkan oleh Allah SWT.

"Hai jamaah Muslim United di Masjid Jogokariyan Yogyakarta, ini amal kebaikanmu di malam itu. Jamaah yang tidur pun mendapatkan pahala," kata Ustaz.

Di akhir acara, UAS menandatangi lukisan karya komunitas seniman Yogyakarta. Lukisan tersebut dikerjakan di dekat mimbar selama ceramah UAS berlangsung.

Panitia acara, Iqbal mengatakan, dua lukisan yang ditandatangani UAS ini dilelang Rp 100 juta. "Seluruh hasil lelang, uangnya digunakan untuk kegiatan Muslim United," kata dia. []

Baca juga:

Berita terkait
Rektor UII Puas dengan Ceramah Ustaz Abdul Somad
Ustaz Abdul Somad berhasil memberikan dakwah di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pada Sabtu 12 Oktober 2019.
Ceramah Ustaz Abdul Somad Pindah ke Masjid Jogokariyan
Acara yang digelar oleh Forum Ukhuwah Islamiyah ini diisi sejumlah ustaz seperti Ustaz Abdul Somad, Bachtiar Nasir, Felix Siauw dan lainnya.
Rektor UGM: Ustaz Abdul Somad Dibatalkan
Rektor UGM Panut Mulyono memastikan Ustaz Abdul Somad (UAS) tidak akan mengisi kuliah umum di Masjid UGM pada Sabtu, 12 Oktober 2019.
0
Anies Baswedan Diagendakan Buka Rakornas PKS
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diagendakan membuka Rakornas PKS di Hotel Bidakara Jakarta. Acara ini akan membahas sikap partai kepada Jokowi.