UNTUK INDONESIA
Alasan PSM Makassar Terlambat Gelar Latihan
PSM Makassar baru menjadwalkan latihan meski Liga 1 segera digulirkan pada 1 Oktober 2020. PSM punya alasan mengapa belum menggelar latihan.
PSM Makassar baru menjadwalkan latihan meski Liga 1 segera digulirkan pada 1 Oktober 2020. Tampak pemain PSM merayakan gol di sebuah pertandingan. (Foto: Dok/Tagar/Rio Anthony)

Makassar - PSM Makassar baru menjadwalkan latihan meski kompetisi Liga 1 segera digulirkan pada 1 Oktober mendatang. PSM memang terlambat melakukan latihan dibandingkan tim-tim peserta liga. Namun mereka punya alasan mengapa tidak langsung menggelar latihan. 

PSM memang tidak segera menggelar latihan. Saat tim-tim lain telah melakukan swab test terhadap para pemain dan kemudian melakukan persiapan, PSM masih tenang-tenang saja. 

Namun tim Juku Eja memiliki alasan tersendiri tidak menggelar latihan. Menurut Media Officer PSM Sulaiman Abdul Karim klub masih menunggu jadwal Liga 1 yang dirilis PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga. Setelah ada kepastian jadwal, PSM baru akan mempersiapkan diri menggelar latihan.

Latihan dilaksanakan dengan mengikuti regulasi. Pemain yang sudah berada di Makassar dilakukan swab test

"Jadi sebenarnya kami menetapkan jadwal latihan itu setelah dirilisnya jadwal liga. Dengan dikeluarkannya jadwal, berarti sudah diketahui saat kick off dan venue di mana. Kami pun bisa menentukan jadwal latihan PSM," kata Sulaiman, Jumat 4 September 2020.

Manajemen PSM, kata Sulaiman, telah membuat perencanaan secara matang. Termasuk pelaksanaan swab test yang dilakukan sebelum tim kembali menjalani latihan.

"Latihan dilaksanakan dengan mengikuti regulasi. Pemain yang sudah berada di Makassar dilakukan swab test," ujar Sule, sapaannya.

Menurut dia ada 13 pemain PSM yang menjalani tes swab sebelum melaksanakan latihan. Dengan belum berakhirnya pandemi Covid-19, pemain harus menjalani tes tersebut tanpa terkecuali. 

Skuat PSM Belum Lengkap 

Meski menunggu jadwal liga, namun PSM dipastikan tak segera memulai latihan. Pasalnya skuat belum lengkap karena sebagian pemain belum berdatangan ke Makassar. 

Termasuk 4 pemain asing, kapten Willem Jan Pluim, Hussein Eldor, Giancarlo Lopes Rodriguez dan Serif Hasic. Saat ini mereka masih berada di negaranya masing-masing. Bila datang ke Makassar, sesuai protokol kesehatan para pemain itu tetap harus menjalani swab test lebih dulu. 

"Yang lain nanti menyusul untuk swab test. Pemain asing untuk sementara diurus oleh manajemen," kata dia.

Persiapan PSM menghadapi liga juga terkendala lokasi latihan. Tim belum mendapat kepastian akan menjalani latihan di mana karena mereka tak bisa menggunakan Stadion Mattoangin yang masih dalam proses renovasi.

Baca juga: 

Piala AFC Mulai September, PSM Belum Panggil Pemain

PSM dan Bali United Berjuang Lolos Semifinal Zona Asean

Persoalannya klub tidak segera mendapatkan lokasi latihan yang representatif. Salah satu stadion yang dibidik manajemen adalah Stadion Kalegowa, Kabupaten Gowa. Namun bila tidak mendapatkan tempat, tim bakal tak segera latihan.  

"Karena kondisi tempat latihan di Makassar tidak ada sebaik sebelumnya. Kami berharap mendapat izin menggunakan Stadion Kalegowa," kata Sule lagi. []

Berita terkait
Pemain PSM Makassar Jalani Swab Test Sebelum Latihan
PSM Makassar segera menjalani latihan sebagai persiapan menghadapi Piala AFC dan Liga 1. Sebelum memulai latihan, pemain menjalani swab test.
Lawan di Piala AFC Fokus Latihan, PSM Apa Kabar
Piala AFC segera menyelesaikan babak penyisihan pada akhir September ini. Para pesaing sudah persiapan, PSM Makassar belum memanggil pemainnya.
PSM Runyam, Pemain Kabur dan Pelatih Tak Datang
PSM Makassar menghadapi problem internal. Saat tim belum memulai latihan, beberapa pemain bakal kabur. Pelatih Bojan Hodak pun belum datang.
0
Market Cap Emiten BUMN Kalah dari UNVR, Investor Tak Terpengaruh
Kapitalisasi pasar Unilever menyalip Bank Mandiri dan Telkom tak mempengaruhi kepercayaan investor terhadap emiten BUMN.