UNTUK INDONESIA
PSM Runyam, Pemain Kabur dan Pelatih Tak Datang
PSM Makassar menghadapi problem internal. Saat tim belum memulai latihan, beberapa pemain bakal kabur. Pelatih Bojan Hodak pun belum datang.
PSM Makassar menghadapi problem internal. Salah satu pemainnya, Osas Saha dikabarkan hendak kabur dari PSM. Pelatih Bojan Hodak pun belum datang ke Makassar. (Foto: PSM Makassar)

Makassar - Ada apa dengan PSM Makassar. Saat tim-tim Liga 1 sudah melakukan persiapan karena kompetisi akan digelar Oktober 2020, PSM justru diterpa problem internal. Striker Osas Saha dikabarkan hengkang dan pelatih belum kelihatan batang hidung. 

Kompetisi Liga 1 tinggal satu bulan lagi. Tim-tim mulai melakukan persiapan dengan menggelar latihan. Para pemain yang pulang ke negaranya pun segera kembali ke Indonesia. Persiapan sudah dilakukan Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, PSS Sleman dan juga Bali United.

Bahkan Bali United sudah menjalani rutinitas latihan selama satu bulan latihan bersama. Juara Liga 1 bersama PSM masih berjuang di Piala AFC yang akan digelar lebih dulu sebelum mengarungi kompetisi domestik.

Osas Saha tidak nyaman dengan manajemen PSM, terutama persoalan keuangan 

Bila hampir semua tim sudah melakukan persiapan, PSM justru diterpa masalah internal. Tim berjuluk Juku Eja kini terancam kehilangan beberapa pilar penting. 

Bila sampai pergi, PSM bakal mengalami kerugian karena peran mereka yang penting bagi tim. Apalagi, tim sudah kehilangan striker Ferdinand Sinaga yang dipinjamkan ke PSMS Medan.

Salah satu pemain yang dikabarkan kabur adalah Saha. Penyerang naturalisasi ini santer disebutkan ingin hengkang dari PSM untuk bergabung dengan klub Liga 2.

Keinginan Saha untuk pergi tidak terlepas dari problem gaji di PSM. Hal itu dibeberkan oleh Ali Rahim, agen sang pemain yang mengaku merasa tak nyaman dengan kondisi keuangan klub.  

"Osas Saha tidak nyaman dengan manajemen PSM, terutama persoalan keuangan," kata Ali Rahim di Makassar, Selasa, 1 September 2020.

Menurut informasi, striker yang pernah memperkuat tim nasional Indonesia itu kemungkinan akan bergabung dengan klub Liga 2 PSIM Yogyakarta. Namun, agen Saha belum bisa memberi kepastian terkait kepindahan dia ke PSIM. 

"Soal dia ke PSIM, saya tidak tahu dan belum bisa memastikan. Itu urusan Osas dengan PSIM," ujar Ali.

Selain itu, Firza Andika sempat dikait-kaitkan dengan PSMS. Usai mendatangkan Ferdinand, kini tim Ayam Kinantan ingin merekrut Firza. Seperti halnya Ferdinand, dia juga akan berstatus pinjaman. Hanya, kabar ini masih belum pasti karena PSMS belum merencanakan menambah pemain. 

Belum Ada Kepastian Latihan

PSM juga belum ada kepastian kapan menggelar latihan meski sudah memasuki bulan September. Padahal, tim akan melakoni pertandingan di Piala AFC di bulan ini.

Tak hanya pemain, pelatih Bojan Hodak pun tak kunjung datang ke Makassar. Saat dikonfirmasi Media Officer (MO) PSM, Sulaiman Abdul Karim mengaku belum tahu kapan mulai persiapan.

Baca juga: 

Appi Fokus Pilwalkot, Suporter Harap PSM Segera Latihan

Pemain U-20 Tak Wajib Main, PSM Serahkan ke Pelatih

Tidak adanya kejelasan tim membuat suporter kecewa. Tak hanya itu, suporter pun menilai CEO PSM, Munafri Arifuddin, sudah fokus dengan pemilihan kepala daerah.

Saat ini Munafri sudah deklarasi bertarung di Pilwalkot Kota Makassar. Appi sapaan akrabnya berpasangan dengan Rahman Bando. []

Berita terkait
Fakta Kenapa Muhammad Rahmat Tinggalkan PSM Makassar
Pemain sayap Muhammad Rahmat menjadi salah satu pilar PSM Makassar selama 11 musim. Ada fakta-fakta menarik saat dia meninggalkan PSM.
Piala AFC Mulai September, PSM Belum Panggil Pemain
Piala AFC tinggal satu bulan. Namun PSM Makassar belum melakukan persiapan. Tim juga belum memanggil pemain untuk menjalani latihan.
PSM dan Bali United Berjuang Lolos Semifinal Zona Asean
Perjalanan PSM Makassar dan Bali United di ajang Piala AFC Cup 2020 masih berlangsung hingga saat ini. Berikut posisi keduanya di grup.
0
Kenali Mythomania, Penyakit Suka Halu Sering Berbohong
Memiliki kecenderungan berbohong terus-menerus merupakan tanda dari penyakit gangguan jiwa Mythomania lho.