UNTUK INDONESIA
Alasan Persipura Bermarkas di Stadion Klabat Manado
Persipura Jayapura dipastikan bermarkas di Manado selama satu musim dan menggunakan Stadion Klabat untuk menjamu lawannya di Liga 1 2020.
Persipura Jayapura dipastikan bermarkas di Manado selama satu musim dan menggunakan Stadion Klabat untuk menjamu lawannya di Liga 1 2020. Persipura saat melakoni laga kandang pertama di stadion itu dengan mengalahkan PSIS Semarang 2-0. (Foto: Antara/Adwit B Pramono)

Jayapura - Manado kedatangan klub Liga 1. Persipura Jayapura dipastikan bermarkas di Manado selama satu musim dan menggunakan Stadion Klabat untuk menjamu lawan-lawannya di kompetisi Shopee Liga 1 2020. 

Laga perdana Persipura sudah digelar di Stadion Klabat. Saat itu, mereka menjamu PSIS Semarang. Hasilnya, Persipura menang meyakinkan 2-0. 

Kemenangan yang memuaskan. Lebih dari itu, tim Mutiara Hitam mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat yang sudah lama tidak menyaksikan pertandingan dari tim kasta tertinggi secara langsung. Mereka, bersama orang-orang Papua yang berada di Manado, datang ke stadion untuk memberi dukungan. 

Saya ingin Persipura bisa bermain satu musim dan bisa juara di Stadion Klabat, Manado. Bermain di sana sama seperti di Mandala

Persipura pun seperti bermain di kandang sendiri. Ini yang menjadi pertimbangan tim memilih ber-home base di Klabat, Manado. Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano berharap tim kebanggaan masyarakat Papua ini bermarkas di Manado selama satu musim kompetisi. Dengan demikian, Persipura tidak perlu berpindah-pindah tempat saat menjalani laga kandang seperti musim lalu. 

Pasalnya, tim masih belum bisa memakai Stadion Mandala Jayapura yang direnovasi. Stadion itu juga akan digunakan untuk PON XX pada Oktober 2020. 

Ketua Umum tak ingin fokus pelatih Jacksen F. Tiago dan pemainnya terganggu. Mereka tidak perlu berpindah-pindah tempat saat menjamu lawan-lawannya setelah tak bisa menggunakan Stadion Mandala.

"Saya ingin Persipura bisa bermain satu musim dan bisa juara di Stadion Klabat, Manado. Bermain di sana sama seperti di Mandala," kata Benhur di Jayapura, Selasa, 3 Maret 2020.

Menurut dia saat laga perdana melawan PSIS, Persipura mendapat dukungan yang luar biasa dari masyarakat Manado. Dukungan itu membuat permainan Boaz Solossa dkk makin maksimal.

Terlebih, Persipura tak ingin mengambil risiko Stadion Mandala mengalami kerusakan rumput atau peralatan pendukung saat menjamu lawan sebelum PON 2020. Keputusan tersebut, menurut BTM sapaan akrabnya, adalah yang terbaik bagi Persipura. Setelah PON, tim dipastikan akan kembali menggunakan Stadion Mandala.

"Untuk itu saya katakan kepada tim agar menjaga disiplin. Kemenangan atas PSIS merupakan langkah awal yang baik karena langkah awal menentukan langkah berikutnya," katanya.

Stadion Dicat dengan Warna Khas Persipura

Menyoal tribun Stadion Klabat yang dicat merah dan hitam, warna khas Persipura, Benhur yang juga Wali kota Jayapura mangaku hal tersebut memang inisiatif manajemen Persipura. Pimpinan daerah setempat untuk tak mempersoalkan dengan warna tersebut.

"Ini murni inisiatif Persipura dan Gubernur Sulawesi Utara izinkan tribun dicat merah hitam," tuturnya.

Persipura Jayapura telah menjalani laga pertama di Klabat. Pelatih Jacksen F. Tiago menuturkan jika kemenangan tim tidak terlepas dari dukungan masyarakat Manado serta warga Papua yang berada di Bumi Nyiur Melambai.

Di laga kedua, Persipura akan melakoni laga tandang. Mereka menghadapi Borneo FC di Samarinda, Sabtu, 7 Maret 2020. 

Borneo FC mengawali kompetisi dengan hasil buruk. Mereka dikalahkan Persija Jakarta 3-2. []

Berita terkait
Di Balik Kemenangan Persipura Kontra PSIS di Manado
Persipura Jayapura merasa nyaman bermain di Manado dan meraih kemenangan mengesankan 2-0 atas PSIS di laga perdana Liga 1 di Stadion Klabat.
Harga Jersey Persipura Naik di Liga 1 2020
Persipura Jayapura menaikkan harga jual jersey orisinal pada musim kompetisi Liga 1 2020. Kenaikan dari jersey ini diharapkan bisa membantu klub.
Gabung Timnas, Tahir Kehilangan Posisi di Persipura
Gelandang Muhammad Tahir terancam kehilangan posisi di Persipura Jayapura karena harus meninggalkan klub untuk menjalani pemusatan latihan timnas.
0
Harga Anjlok, Penyuluh Rembang Beli dan Bagi Cabai
Prihatin dengan kondisi petani cabai, penyuluh pertanian di Rembang membeli cabai di atas harga tengkulak. Cabai kemudian dibagi gratis ke warga.