UNTUK INDONESIA
Gabung Timnas, Tahir Kehilangan Posisi di Persipura
Gelandang Muhammad Tahir terancam kehilangan posisi di Persipura Jayapura karena harus meninggalkan klub untuk menjalani pemusatan latihan timnas.
Gelandang Muhammad Tahir (kanan) terancam kehilangan posisi di Persipura Jayapura karena harus meninggalkan klub untuk menjalani pemusatan latihan tim nasional. Dirinya baru kembali ke klub saat kompetisi Liga 1 2020 segera digulirkan. (Foto: Persipura Jayapura)

Jayapura - Gelandang Muhammad Tahir terancam kehilangan posisi di Persipura Jayapura. Gara-garanya, dia harus memenuhi panggilan tim nasional saat Persipura justru menjalani proses pembentukan sebagai persiapan menghadapi Liga 1 2020. 

Tahir sesungguhnya merupakan gelandang potensial Persipura. Tak heran bila dirinya dipanggil pelatih timnas Shin Tae Yong untuk mengikuti pemusatan latihan sampai Minggu, 23 Februari 2020 lalu. 

Hanya, dia terancam kehilangan posisi di klub. Terutama bila pemain yang menggantikan Tahir mampu mengambil peranan tersebut dengan baik. 

Apalagi klub sudah menjalani program pematangan tanpa kehadiran dirinya. Tahir juga harus melewatkan tiga laga uji coba Persipura jelang kompetisi Liga 1 2020.

Ini memang menjadi kerugian. Ketika tim sudah bersiap mengikuti kompetisi, dia justru tidak ada

Bila pemain pengganti mampu menyatu dengan tim dan memahami strategi dari pelatih Jacksen F. Tiago, tidak menutup kemungkinan Tahir bakal duduk di bench di kompetisi. Apalagi, Jacksen tak bisa memastikan Tahir menjadi pilihan pertama meski berstatus pemain timnas. 

"Kami sedang dalam masa persiapan pramusim. Tahir memang seharusnya ada di tim karena kami dalam pembentukan dan persiapan untuk kompetisi," kata Jacksen di Yogyakarta, Selasa, 25 Februari 2020.

"Ini memang menjadi kerugian. Ketika tim sudah bersiap mengikuti kompetisi, dia justru tidak ada," ujarnya.

Menurut pelatih asal Brasil ini para pemain sudah makin mengerti skema dan strategi selama menjalani pemusatan latihan di Malang. Tanpa kehadiran Tahir, strategi tim bisa diterapkan dengan baik dalam uji coba melawan tim lokal di Malang maupun saat menghadapi PSS Sleman di Yogyakarta. 

Persipura Tak Permasalahkan Tahir ke Timnas

Jacksen sesungguhnya tak mempermasalahkan Tahir bergabung dengan timnas. Namun yang menjadi persoalan adalah waktu pemusatan latihan yang bersamaan dengan persiapan tim. 

Ini menjadi dilema bagi pemain karena harus meninggalkan tim yang tengah melakukan persiapan menghadapi kompetisi. Namun pemain pun tak bisa menolak panggilan tersebut.  

"Berbeda bila kompetisi sudah berjalan karena itu tidak menjadi masalah bagi kami. Kebutuhan saya dan dia mungkin berbeda sehingga saya pertanyakan soal pemanggilannya saat seperti ini. Akibatnya, Tahir harus memulai dari nol lagi," ujar dia memungkasi.

Seperti diketahui, Tahir harus kembali absen saat Persipura menggelar laga uji coba keenam kontra PSS di Stadion Maguwoharjo, Sabtu 22 Februari 2020. Di laga itu, kedua tim bermain imbang 1-1. []

Berita terkait
Shevchenko Dipertahankan Persipura, Kobak Dilepas
Persipura Jayapura melepas gelandang muda Hanny Kobak karena tidak menunjukkan perkembangan berarti.
Pelatih Persipura Dukung Pemainnya Dipanggil Timnas
Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago mendukung sepenuhnya pemanggilan Muhammad Tahir oleh pelatih tim nasional.
Comvalius, Mesin Gol Harapan Persipura Jayapura
Striker Sylvano Comvalius bakal menjadi tumpuan lini depan Persipura Jayapura di kompetisi Liga 1 2020. Tekad sama disampaikan Comvalius.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China