UNTUK INDONESIA
Aksi Tolak RUU KUHP Terbaru di Solo, Berakhir Ricuh
Aksi demonstrasi menolak isi RUU KUHP terbaru yang dilakukan ribuan mahasiswa se-Solo Raya berakhir ricuh.
Aksi demontrasi ribuan mahasiswa di depan kantor DPRD Kota Surakarta, berakhir ricuh. (Foto: Tagar/Reyma Pramista)

Solo - Aksi demonstrasi menolak isi RUU KUHP terbaru yang dilakukan ribuan mahasiswa se-Solo Raya, di depan Kantor DPRD Kota Surakarta diwarnai kericuhan dengan aparat kepolisian yang melakukan penjagaan. Akibatnya, satu orang mahasiswa pingsan.

Ricuh bermula dari adanya saling dorong dan saling lempar antar adua kelompok tersebut.

Akibatnya aparat kepolisian mengeluarkan tembakan gas air mata dan water canon untuk menghalau demostran. Polisi juga melakukan pengejaran hingga jalan Adi Sucipto, depan Kantor DPRD Kota Surakarta.

Baca juga: Ribuan Mahasiswa di Solo Gelar Aksi Tolak RKUHP Terbaru

Aksi tersebut menimbulkan korban, satu mahasiswa pingsan dan satu aparat kepolisian terpapar gas air mata.

Aksi Mahasiswa SoloAksi demontrasi ribuan mahasiswa di depan kantor DPRD Kota Surakarta, semula berjalan kondusif. (Foto: Tagar/Reyma Pramista)

Sebelumnya, perwakilan DPRD Kota Surakarta dari fraksi PKS, Sugeng Riyanto meminta perwakilan dari mahasiswa untuk berdialog dan menyuarakan tuntutan aksi tersebut di dalam gedung DPRD. Namun usaha tersebut tidak ditanggapi oleh mahasiswa.

Baca juga: Mencekam, Demo Berujung Ricuh di Makassar

"Tadi saya sampaikan meminta perwakilan dari mahasiswa untuk ke dalam, tapi mahasiswa menolak. Mereka menginginkan semua untuk masuk, kalau semua dengan mahasiswa sekitar 1000 atau 2000 ini ya tidak cukup gedungnya," ujar Sugeng.

Pantauan Tagar di lokasi, aksi demonstrasi ribuan mahasiswa dari berbagai universitas se Solo Raya sebelumnya diawali dengan long march dari Plaza Manahan Solo menuju Kantor DPRD Kota Surakarta yang berjarak 2,7 km.

Long march dimulai pukul 08.00 WIB, dengan titik kumpul di halaman palza Mahanan Solo. Demo yang bertajuk #BengawanMemanggil ini menyuarakan penolakan terhadap UU KPK, RKUHP, dan UU Agraria. []

Berita terkait
Jokowi Minta DPR Tunda Pengesahan RUU KUHP
Presiden Jokowi meminta DPR menunda pengesahan RUU Minerba, RUU Pertanahan, RUU Pemasyarakatan, dan RUU KUHP dalam sidang paripurna.
Ricuh, Demo Tolak RUU KPK dan RKHUP di Makassar
Unjuk rasa menolak revisi Undang-Undang KPK dan RKUHP di Kota Makassar, Sulsel berujung ricuh. Mahasiswa saling lempar batu dengan polisi.
Presiden Jokowi Minta DPR Tunda Pengesahan Sejumlah RUU
Presiden Joko Widodo bertemu dengan pimpinan DPR dengan meminta agar DPR menunda pengesahan sejumlah RUU
0
Mahfud MD Jadi Menko Polhukam, Meleset dari Survei
Mahfud MD menjadi Menko Polhukam di Kabinet Jokowi. Sebelumnya, survei menunjuk ia figur tepat menjadi jaksa agung.