UNTUK INDONESIA
Airlangga Jamin Stok Pangan Selama Ramadan Aman
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjamin stok bahan pangan selama Ramadan aman.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat ditanya wartawan, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020. (Foto: Popy|Tagar).

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjamin stok bahan pangan selama Ramadan aman. Di awal Ramadan ini, stok beras mencapai 6,3 juta ton. "Provinsi yang stok pangannya terbatas  nanti Perum Bulog akan memasok," ucapnya usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo dalam  video conference di Jakarta, Selasa, 28 April 2020.

Demikian juga stok jagung, ada 1.474.152 ton, cabai besar ada 12.641 ton, cabai rawit  26.353 ton, bawang merah ada 1.307.462 ton. Kemudian telur ayam stoknya ada 46.413 ton, daging ayam  154.763 ton, dan daging sapi ada 133.944 ton.

Baca Juga: Airlangga Hartanto Ingatkan Pedagang Beraji Mumpung 

Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini menyebutkan, di dalam negeri sendiri, seperti di Temanggung  sudah mulai panen. Tentunya nanti akan ada distribusi dari daerah yang panen ke daerah kekurangan stok.

Stok BerasPekerja memeriksa kualitas beras di Gudang Perum Bulog Sub Divre Pekalongan, Desa Munjung Agung, Tegal, Jawa Tengah, Selasa, 7 April 2020. (Foto: Antara/Oky Lukmansyah)

Menurutnya, Perum Bulog akan memasok 51.300 ton gula untuk memenuhi kebutuhan gula di pasar dalam negeri selama Ramadan. Pasokan tersebut berasal dari impor maupun dalam negeri. 

“Dari pengadaan yang telah dikontrak oleh Bulog, 21.000 ton merupakan impor dan 29.000 ton produksi dalam negeri," ucap Airlangga.

Airlangga menjelaskan bahwa terdapat pengalihan dari gula rafinasi sebanyak 191.762 ton. Kemudian, menurutnya, masih ada masalah repacking, repackaging dan izin peredaran, sehingga, akan ada 182.762 yang akan masuk ke pasar.

Simak Pula: Menko Airlangga : Uni Eropa Diskriminatif Soal Sawit 

“Demikian pula ada gula yang masih ada di pabrik dan diharapkan ada pengolahan di bulan Maret ini sebanyak 42.72 ton,” ujar Airlangga. []

Berita terkait
Jokowi Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Saat Ramadan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pasokan pangan masyarakat tercukupi jelang bulan suci Ramadan dan saat ada wabah corona.
Jelang Ramadan, Harga Pangan Terpantau Stabil di Makassar
"Harga pangan yang terpantau stabil, diharapkan dapat terjaga sampai dengan bulan Ramadan dan Lebaran usai"
Jokowi Jamin Stok Beras Aman Meski ada Virus Corona
Presiden Jokowi memastikan ketersediaan bahan pangan termasuk beras di tengah wabah virus corona Covid-19 dalam kondisi aman.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.