UNTUK INDONESIA
Ahmad Dhani Jelaskan Alasan Hilangnya Angka 19 dari Band Dewa
Ahmad Dhani Prasetyo membeberkan alasan menghilangnya angka 19 dari nama grup band yang dibentuknya, Dewa 19.
Personel band Dewa 19, Andra Ramadhan, Ari Lasso, dan Ahmad Dhani. (Foto Instagram/de19wa)

Jakarta - Ahmad Dhani Prasetyo membeberkan alasan menghilangnya angka 19 dari nama grup band yang dibentuknya, Dewa 19. Hal itu ia sampaikan saat tampil di panggung Mega Konser Dewa 19, Minggu malam, 18 Oktober 2020.

Menurutnya, angka 19 sejatinya telah menghilang sejak album kedua Dewa yang bertajuk Format Masa Depan dirilis pada tahun 1994. Pasalnya, Dewa 19 sebenarnya merupakan judul album pertama yang diluncurkan pada tahun 1992, sementara nama band hanya Dewa saja.

"Dewa itu awalnya ya namanya Dewa saja. 19 itu adalah judul albumnya." kata Ahmad Dhani, dikutip Tagar pada Senin, 19 Oktober 2020.

"Jadi orang-orang mengasosiasikan nama band jadi Dewa 19. Makanya di album kedua ditulis namanya Dewa saja bukan Dewa 19," ujar dia.

Ahmad DhaniAhmad Dhani beraksi di awal karier bersama grup band Dewa 19. (Foto: Instagram/ahmaddhaniofficial)

Dhani menuturkan, pada album yang memiliki gambar sampul bayi yang sedang duduk itu, angka 19 di bawah nama Dewa memang hilang. Hanya ada kotak merah kecil yang di album sebelumnya bertuliskan angka 19.

Namun lantaran publik sudah mengenal Dewa dengan sebutan Dewa 19, maka Dhani dan personel lain kemudian memilih untuk menerima julukan itu untuk bandnya dan terus menggunakan nama tersebut hingga saat ini. "Tapi sudah terlanjur ya sudah," kata dia.

Grup musik Dewa didirikan Ahmad Dhani pada tahun 1986. Personel awal band tersebut digawangi beberapa rekannya semasa Sekolah Menengah Atas di Surabaya, dengan formasi Dhani pada keyboard, Erwin Prasetya di instrumen bas, Andra Ramadhan memegang posisi gitar, serta Wawan sebagai penabuh drum.

Nama Dewa diambil dari akronim nama para personel yang berawal dari perkenalan mereka saat masih duduk di bangku SMP 6 Surabaya. Seiring waktu berjalan, Ari Lasso dan Once Mekel sempat bergabung dengan Dewa 19 dan menempati posisi sebagai vokalis.

Grup band Dewa 19 kemudian sempat mengalami beberapa kali pergantian personel. Sejumlah musisi yang sempat mengisi posisi di kelompok musik tersebut antara lain Once Mekel, Bimo, Wong Aksan, Tyo Nugros, dan Rere Reza.

Sepanjang karier bermusiknya, gruo band Dewa 19 sukses menelurkan sejumlah album yang laris di pasaran, seperti Dewa 19 (1992), Format Masa Depan (1994), Terbaik Terbaik (1995), Pandawa Lima (1997), Bintang Lima (2000), Cintailah Cinta (2002), Laskar Cinta (2004), dan Republik Cinta (2006). []


Berita terkait
Bawa 29 Artis, Synchronize Festival 2020 Diboyong ke Layar TV
Demajors dan Dyandra melakukan gebrakan baru di tengah pandemi dengan memboyong helatan akbar Synchronize Festival 2020 ke layar televisi.
Kritik Kerja Buruk Polisi, Tashoora Rilis Lagu Aparat
Grup band Tashoora kembali merilis single berjudul Aparat yang menyuarakan kritik keras terhadap kinerja buruk polisi di Indonesia.
Rilis Album Una In Perpetuum, Band Kausa Tampil Lebih Garang
Grup band cadas Kausa, resmi merilis album kedua mereka yang diberi tajuk Una In Perpetuum pada 9 Oktober 2020 lalu.
0
Ini 11 Korban Meninggal Akibat Tanah Longsor di Sumsel
Tanah longsor di Desa Tanjung Lalang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, mengakibatkan 11 orang meninggal dunia.