5 Kesalahan Umum yang Bikin Bulu Mata Rontok

Memiliki bulu mata yang lebat dan lentik merupakan impian para wanita namun terdapat sejumlah kesahan yang membuat bula mata menjadi rontok.
Ilustrasi – Seorang wanita yang menggunakan extension. (Foto: Tagar/Pexels/Israelzin Oliveira)

Jakarta – Memiliki bulu mata yang lebat dan lentik merupakan impian para wanita. Untuk menunjang penampilan tersebut, kaum hawa kerap menggunakan maskara dan extension demi menunjang penampilannya.

Perlu dipahami bahwa setiap produk kecantikan tambahan memiliki risikonya masing-masing. Dengan menggunakan produk tambahan tersebut, Anda harus merawat bagian mata secara lebih ekstra untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Namun, tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan umum yang malah membuat bulu mata menjadi lebih mudah rontok dan patah. Jika kesalahan ini terus dilakukan, bulu mata Anda berisiko mengalami kebotakan yang berakibat pada menurunnya kualitas penampilan. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, berikut 5 kesalahan umum yang kerap dilakukan kaum hawa.


1. Tidak menghapus make up

Menghapus make up merupakan yang wajib dilakukan agar wajah kembali bersih dan sehat. Namun, kesalahan ini kerap dilakukan sebagian wanita yang merasa malas untuk menghapus make up di bagian mata, terutama pada penggunaan maskara.

Maskara yang telah mengering akan membuat bulu mata menjadi keras dan kaku. Oleh karena itu, bulu mata akan rentan patah jika terkena gesekan. Sebelum beranjak ke tempat tidur, pastikan untuk menghapus maskara terlebih dahulu agar bulu mata Anda tidak rontok akibat gesekan di bantal, selimut, atau guling.


2. Terlalu kasar menghapus make up

Bulu mata yang telah diberi maskara akan mengeras dan kaku. Agar tidak mudah patah dan mengalami kerontokan, pastikan untuk menggosok mata Anda secara lembut dah perlahan dengan kapas dan produk pembersih bulu mata.

Jika maskara sulit dihapus, gunakan produk pembersih yang mengandung minyak. Selain itu, cara terbaik untuk membersihkan maskara adalah dengan mengompres kapas yang sudah dibasahi produk pembersih mata selama 10 detik dan mengusapnya secara perlahan hingga semua kotoran terangkat.


3. Menjepit bulu mata terlalu keras

Jangan sekali-kali menjepit bulu mata dengan keras karena dapat membuat bulu mata Anda menjadi rontok atau patah. Cukup jepit dengan lembut dan lakukan secara berulang hingga bulu mata Anda terlihat lebih lentik dari sebelumnya.


4. Menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara

Masih banyak orang yang menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara. Padahal, jika hal ini terus dilakukan maka penjepit bulu mata akan lebih cepat kotor, lengket dan membuat bulu mata Anda menjadi rusak. Selain itu, bulu mata juga lebih rentan patah saat diaplikasikan karena maskara membuatnya menjadi lebih kaku dan keras.


5. Memakai extension

Menjadi salah satu cara terpopuler yang banyak diminati, extension dipakai untuk membuat bulu mata terlihat jauh lebih lentik dan panjang secara instan. Anda tidak perlu memakai maskara setiap hari lagi karena extension umumnya dapat bertahan selama beberapa minggu.

Namun, dibalik kelebihannya extension juga dapat membuat bulu mata asli Anda rusak. Untuk meminimalisir hal tersebut, gunakan serum mata agar bulu mata asli tetap tumbuh dengan baik. 

Selain itu, kandungan lem yang ada pada extension juga dapat membuat bulu mata Anda rentan rontok. Saat mengangkatnya, pastikan untuk menarik extension secara perlahan agar bulu mata asli Anda tidak ikut tertarik.

(Eka Cahyani)


Berita terkait
5 Manfaat Wajah Tanpa Make Up
Salah satunya adalah, kulit Anda dapat meregenerasi selnya dengan baik.
Kenali Berbagai Manfaat Es Batu untuk Kulit Wajah
Es batu banyak manfaatnya untuk perawatan kulit.
Efek Penggunaan Tisu Basah di Wajah
Membersihkan wajah dengan tisu basah dapat menimbulkan beberapa masalah kulit.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.