Pemerintah Kota Makassar

Jangan Salah Pilih! Berikut 7 Jenis Lipstik yang Aman

Lipstik yang kini dipasarkan dengan beragam jenis, bentuk dan warna yang dapat dikreasikan para penggunannya. Berikut jenis-jenisnya.
Ilustrasi - Seorang wanita sedang memolesi bibirnya dengan lipstik. (Foto: Tagar/Pexels/RODNAE Productions)

Jakarta – Seiring bertambahnya jumlah peminat lipstik kini dipasarkan dengan beragam jenis, bentuk dan warna yang dapat dikreasikan para penggunannya. Meskipun sama-sama berfungsi untuk mewarnai, melindungi, dan melembabkan bibir dari paparan sinar matahari langsung, nyatanya lipstik memberikan hasil yang berbeda-beda.

Dari beragam ratusan pilihan lipstik yang dikeluarkan brand-brand kosmetik, ada segelintir orang yang masih bingung memilih jenis lipstik yang sesuai dengan bibirnya. 

Di samping tampilan warna, penting bagi Anda untuk memperhatikan tekstur lipstik agar nyaman saat digunakan. Supaya tidak salah pilih, berikut jenis-jenis lipstik yang perlu Anda ketahui.


1. Sheer

Sheer merupakan jenis lipstik yang memberi kesan segar karena warnanya cukup transparan di bibir Anda. Cocok digunakan untuk memberikan kesan yang natural, lipstik ini umumnya mengandung kadar moisturizer yang lebih tinggi sehingga tepat digunakan bagi Anda pemilik bibir kering.

Lipstik sheer memiliki pigmentasi yang rendah, agak lengket dan mudah hilang. Oleh karena itu, Anda harus lebih sering mengaplikasikannya dengan memolesi ujung lipstik di permukaan bibir agar warnanya tetap terjaga.


2. Glossy

Sesuai namanya, lipstik glossy memberikan efek kilau yang dapat membuat bibir Anda tampak lebih kenyal dan lembab. Meski terlihat lembab, tidak semua lipstik jenis ini mengandung pelembab bagi bibir. Oleh karena itu, lakukan eksfoliasi bibir jika Anda sering memakainya.


3. Matte

Matte merupakan salah satu jenis lipstik yang populer dan menjadi favorit banyak orang. Memberikan hasil akhir pigmentasi yang kuat, tidak mengherankan jika lipstik matte sangat cocok dipakai di acara-acara formal. Selain itu, matte juga menghasilkan warna yang lebih tahan lama dan tidak berkilau.

Namun, hindari pemakaian lipstik berjenis ini jika Anda memiliki bibir kering karena dapat membuat bibir pecah-pecah dan berisiko memperjelas garis-garis di bibir.


4. Creamy

Seperti namanya, lipstik creamy akan memberikan hasil akhir yang terlihat creamy dan sehat. Hal ini disebabkan adanya kandungan vitamin E dan shea butter yang memberikan hasil yang basah.

Untuk menyempurnakan tampilan bibir, Anda juga bisa menggunakan lip liner untuk membingkai garis bibir agar lebih rapi dan tahan lama.


5. Satin

Satin merupakan kombinasi antara lipstik matte dan sheer. Meski memiliki pigmentasi yang tampak pekat, lipstik satin justru tidak memberikan full coverage pada bibir Anda. Saat diaplikasikan, satin memberikan hasil akhir yang terlihat lembut, tipis, sedikit berkilau, dan lembab, namun tidak tahan lama.


6. Lip liner

Berbentuk mirip pensil, lip liner merupakan salah satu alat bantu kosmetik yang kerap dipakai orang-orang yang ingin menghasilkan bentuk bibir yang rapi. 

Berfungsi untuk membingkai bibir, lip liner ternyata juga dapat memberikan efek bibir yang lebih bervolume jika Anda mengaplikasikan warnanya satu tingkat diatas warna bibir alami.


7. Stain atau lip tint

Stain atau yang biasa dikenal lip tint adalah salah satu jenis lipstik populer yang banyak digandrungi anak muda karena cocok digunakan untuk membuat gradasi warna pada bibir.

Lipstik yang umumnya berbentuk cair ini mampu bertahan lama dan bertekstur jauh lebih ringan dibandingkan lipstick matte. Namun, jenis lipstik ini tidak full coverage dan terkadang dapat membuat bibir si pemakainya terlihat menjadi agak kering setelah dipakai lama.

(Eka Cahyani)


Berita terkait
Tips Memilih Lipstik untuk Bibir yang Kehitaman
Kamu yang memiliki bibir yang kehitaman biasanya sulit untuk menemukan warna lipstik yang cocok.
Cara Memilih Warna Lipstik untuk Bibir Gelap
Memakai lipstik tidak bisa terlepas dari perempuan pasalnya tak perlu make up asalkan pakai lipstik. Berikut cara memilih lipstik bagi bibir gelap.
Tips Memilih Warna Lipstik berdasarkan Warna Kulit
Tantangan bagi pecinta dunia dandan untuk senantiasa menambah pengetahuan dan keterampilan dalam memoles. Salah satunya tentang lipstik.
0
Jangan Salah Pilih! Berikut 7 Jenis Lipstik yang Aman
Lipstik yang kini dipasarkan dengan beragam jenis, bentuk dan warna yang dapat dikreasikan para penggunannya. Berikut jenis-jenisnya.