5 Cara Efektif Menjadi Freelancer yang Sukses

Saat ini sudah banyak platform online freelance yang tersedia.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Menjadi freelancer tidaklah mudah. Anda akan dituntut bekerja tanpa kenal waktu dan sering menghadapi tekanan waktu. Namun, ada banyak manfaat yang bisa dinikmati dengan menjadi freelancer. Tidak hanya memungkinkan Anda untuk bekerja dengan kenyamanan Anda sendiri, tetapi juga menghadapkan Anda ke banyak perusahaan, bisnis, dan memperluas koneksi sosial Anda.

Saat ini sudah banyak platform online freelance yang tersedia, mungkin Anda akan merasakan banyak persaingan diantara para freelancer lainnya. Namun, pada akhirnya, semua tergantung pada bagaimana Anda "menjual" diri Anda kepada para calon pengguna jasa Anda. Jadi bagaimana Anda bisa menjadi pekerja lepas secara efektif dan menarik lebih banyak klien? Berikut adalah lima langkah efektif yang dapat Anda coba.


1. Bergabunglah dengan platform penyedia freelance

Hal pertama adalah menjual jasa layanan Anda di tempat yang penuh dengan orang-orang yang membutuhkannya. Buat profil pada platform freelance yang berbeda untuk memperluas koneksi Anda. Dengan cara ini, perusahaan atau perseorangan pun akan tahu di mana menemukan Anda, dan Anda akan dikelilingi oleh klien potensial.


2. Publikasikan layanan Anda

Selanjutnya adalah tidak bergantung pada platform yang Anda ikuti. Terhubung dengan circle sosial Anda dan buat layanan Anda diketahui oleh orang-orang yang Anda kenal secara pribadi. Dengan cara ini, kenalan, saudara, dan bahkan mungkin teman-teman Anda menjadi klien potensial juga.


3. Aktif dan responsif

Anda tidak bisa begitu saja membuat akun di platform freelance, lalu meninggalkannya sampai Anda mendapatkan klien. Jika Anda baru dan belum berpengalaman, maka ada kemungkinan besar klien akan menjauh dari Anda. Dalam hal ini, Anda harus melakukan pengejaran sendiri dan melamar sebagai freelancer di berbagai perusahaan untuk menambah portofolio Anda.

Selain itu, ingatlah untuk bersikap seresponsif mungkin, jawab pertanyaan apa pun yang diajukan klien segera setelah Anda menerimanya dan selalu bersikap profesional dan sopan. Jika Anda dipekerjakan, pastikan untuk sering memberikan pembaruan untuk meyakinkan klien Anda bahwa proyek selesai dengan cepat dan tepat waktu.


4. Terbuka untuk pekerjaan baru dari klien yang sama

Jika Anda telah berhasil mendapatkan klien, maka Anda perlu memastikan bahwa Anda memenuhi atau melampaui harapannya. Dengan cara ini, segera setelah Anda mengirimkan pekerjaan Anda, Anda dapat memberi tahu klien itu bahwa Anda terbuka untuk bekerja untuknya lagi di masa mendatang. Ingatlah bahwa ini tidak akan berhasil jika Anda melakukan pekerjaan dengan buruk, jadi pastikan untuk selalu melakukan suatu pekerjaan dengan maksimal dan sebaik mungkin.


5. Jangan ragu untuk bekerja sama dengan freelancer lain

Jangan terlalu percaya diri dan terlalu memaksakan diri. Jika seseorang mempekerjakan Anda untuk proyek besar yang tidak dapat Anda lakukan sendiri, beri tahu klien bahwa Anda perlu bekerja dengan orang lain untuk ini. Jangan mengambil semua jobdesk sendiri, karena hal ini akan menjadi bumerang Anda sendiri jika pekerjaan yang telah diberikan tidak dapat diselesaikan secara maksimal.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga


Berita terkait
Kocek Tak Selamanya Tebal, Freelancer Harus Tahu Ini
Freelancer yang bergerak di semua lini disarankan harus menerapkan strategi yang tepat untuk menyiasati kestabilan keuangan keluarganya.
5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa
Bekerja sambil kuliah online juga akan membantu kamu agar bisa lebih menghargai uang dan waktu yang kamu miliki.
Perempuan Arab Saudi Geluti Pekerjaan Laki-laki
Seorang perempuan Arab Saudi berusaha mendobrak bidang yang selama ini sangat didominasi lelaki
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.