7 Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Memperbaiki Kualitas Tidur

Susah tidur dapat diatasi dengan menjaga kesehatan mata dari paparan cahaya komputer atau gadget.
Ilustrasi. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta - Susah tidur adalah hal yang menyebalkan karena membut kita bangun di pagi hari dengan kondisi tubuh ysng prima. 

Menutut Ahli, susah tidur dapat diatasi dengan menjaga kesehatan mata dari paparan cahaya komputer atau gadget,

Dilansir dari The Guardian, Dhruvin Patel, seorang ahli Optometri memberikan tujuh (7) cara mengurangi dampak dari cahaya biru demi menjaga kesehatan mata dan dapat mengatasi susah tidur:


1. Bekerja sejauh rentangan lengan

Anda dapat merentangkan lengan sepenuhnya ke depan layar komputer dan bekerjalah dengan jarak tersebut.

Jarak sepanjang lengan dengan layar itu dapat digunakan sebagai jarak minimum untuk mengurangi tekanan pada bola mata demi menjaga kesehatan mata dan dapat mengatasi susah tidur.


2. Gunakan teknik 20/20/20

Anda bisa menggunakan teknik 20/20/20. Dengan aturan setelah 20 menit menatap layar, lalu Anda berpaling dari layar selama minimal 20 detik ke objek yang jauhnya sekitar 20 kaki atau setara dengan 6 meter.

Teknik tersebut dapat membantu mengatur ulang sistem visual dan mata karena penggunaan layar yang terlalu lama.


3. Tempatkan layar lebih tinggi dari level menatap

Tingkat ketinggian layar dapat berdampak besar pada ketegangan mata.

Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa layar lebih baik ditempatkan lebih tinggi dari level menatap pengguna.


4. Hindari silau dari sumber cahaya lain

Posisikan layar untuk menghindari glare atau silau dari sumber cahaya lain, terutama dari pencahayaan di atas kepala atau jendela.

Anda dapat menggunakan tirai di jendela dan mengganti bola lampu di atas kepala dengan lampu yang watt dan intensitasnya lebih rendah.


5. Letakan tulisan "KEDIP"

Dalam satu menit, manusia berkedip hingga 20 kali secara otomatis karena sistem saraf pusat yang sudah mengaturnya.

Namun, saat menatap layar kedipan itu berkurang menjadi 3-5 kali per menit yang mengakibatkan mata tidak cukup dilumasi.

Tulisan "KEDIP" yang diletakkan di dekat layar atau di layar laptop berupa post-it-note dapat membantu mengingatkan untuk berkedip.


6. Mempertimbangkan perangkat

Biasanya, perangkat terbaru adalah yang terbaik untuk digunakan, tetapi tidak baik untuk mata.

Misalnya adalah bagi pengguna Iphone X dan Iphone 6. Iphone X disinyalir 20 persen lebih terang dan memancarkan tingkat cahaya biru lebih tinggi daripada Iphone 6.


7. Matikan layar

Dr Dhruvin Patel menyarankan untuk tidak ada perangkat digital atau pencahayaan buatan setelah matahari terbenam, apalagi jika hanya untuk menyelesaikan acara favorit di Netflix. []


Baca Juga 




Berita terkait
6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Ketika Belajar Daring
Oleh sebab itu, para pelajar dan mahasiswa haruslah memperhatikan beberapa hal agar mata nya tetap sehat selama pandemi berlangsung.
Atasi Mata Bengkak Tanpa Menggunakan Concelear
Ada beberapa metode efektif dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata bengkak
7 Jenis Olahraga untuk Menaga Kesehatan Mata
Olahraga ini juga bisa dilakukan sebagai terapi untuk mata minus.
0
KTT G 20 Fokus Membahas Krisis di Afghanistan
Afghanistan telah mengalami kehancuran ekonomi sejk diambil alih Taliban.