5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Bekerja sambil kuliah online juga akan membantu kamu agar bisa lebih menghargai uang dan waktu yang kamu miliki.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Agar bisa memiliki pengahasilan sendiri ditengah kesibukan kuliah kamu harus mengeluarkan tenaga serta pemikiran yang ekstra karena akan ada waktu yang dikorbankan jika ingin mendapatkan lebih banyak uang dari kerja sampingan ini.

Ketika kredibiltas anda sudah bagus dimata klien maka kamu tidak akan kesulitan untuk mencari klien, Mereka justru akan datang dengan sendirinya dan meminta bantuan kepadamu.

Bekerja sambil kuliah online juga akan membantu kamu agar bisa lebih menghargai uang dan waktu yang kamu miliki. Jika bekerja, kamu akan tahu sulitnya mendapatkan uang, dengan begitu, kamu akan lebih bijaksana dalam melakukan pengeluaran.

Mungkin selama ini kamu belum memikirkan bagaimana cara mengatur keuangan. Kamu bisa dengan mudah meminta uang kepada orangtua jika uangmu habis. Namun saat memiliki pengalaman bekerja, kamu akan mengetahui bagaimana cara memanfaatkan uang dan waktu yang kamu gunakan agar bermanfaat dan bisa membuat kamu jadi lebih produktif.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa pilihan pekerjaan sampingan yang tepat untuk mahasiswa yang sedang kuliah online:


1. Freelance designer

Jika kamu seorang mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis atau bahkan jurnalistik sekalipun, menjadi seorang freelance designer adalah pilihan terbaik untuk menghasilkan uang ditengah sistem kuliah online. Selain mengasah kemampuan yang telah dipelajari dikelas, kamu juga bisa belajar hal-hal baru dimana sebelumnya belum dipelajari dikelas. Untuk permulaan anda bisa mencari klien dari teman terdekat yang memiliki usaha kecil-kecilan seperti online shop, atau jika perlu bantu orang yang masih merintis dalam usahanya dengan membuat poster, flayer dengan gratis dari situ karya kamu bisa dijadikan portofolio.


2. Reseller atau dropshiper

Menjadi reseller adalah cara yang paling banyak dilakukan mahasiswa ditengah sistem kuliah online ini, mereka membeli produk orang lain kemudian menjualnya lagi dengan keuntungan yang telah ditentukan sebelumnya. Sedangkan cara yang lebih mudah lagi adalah menjadi dropshiper. Kamu tidak perlu membeli produk dari orang lain cukup membuka akun di berbagai marketplace yang ada saat ini. Ketika ada transaksi, maka pihak seller yang akan memproses dan mengirimkan barangnya langsung ke pembeli.


3. Buka layanan jasa

Ketika anda memiliki suatu keahlian dibidang tertentu, itu juga bisa dimanfaatkan untuk mencari uang pada saat kuliah online. Jasa penerjemah, fotografer, pembuatan karikatur, atau desain grafis sangat banyak dicari diberbagai kalangan, jika anda bisa memasarkan diri sendiri tidak menutup kemungkinan anda bisa memiliki penghasilan sendiri. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal apapun untuk membranding diri anda cukup upload karya terbaikmu disosial media seperti Facebook, Instagram, atau Tiktok.


4. Content creator

Kamu bisa mempunyai penghasilan sendiri ditengah kesibukan kuliah jarak jauh menjadi seorang content creator di sosial media. Uang yang didapatkan bisa berasal dari endorsment dan adsense. Perlu kesabaran untuk menjadi seorang content creator, pasalnya anda tidak akan begitu saja mendapatkan pundi-pundi rupiah, harus ada ketekunan, dan perjuangan yang cukup ekstra untuk menjadi content creator, karena langkah awal yang harus anda lakukan adalah mencari follower sebanyak-banyakya tergantung pasar yang anda targetkan.


5. Freelance writer atau penulis lepas

Ada kebutuhan yang tidak ada habisnya untuk penulis yang terampil di web. Dengan begitu banyak konten yang keluar setiap hari, bisnis tidak dapat mengikuti hanya tim internal mereka. Menulis lepas adalah cara yang bagus untuk mencari penghasilan bagi mahasiswa disela-sela kuliah online. Jika kamu dapat menulis dengan jelas dan bagus anda bisa membuat tulisan diberbagai platform. []


(Raffly Azmi)

Berita terkait
5 Tips Belajar ala Maudy Ayunda
Wanita yang biasa disapa Maudy ini berhasil menyelesaikan S2 nya serta meraih dua gelar sekaligus dalam kurun waktu dua tahun di luar negeri.
5 Tips Belajar Sederhana Agar Lebih Efektif
Agar anda terbiasa disiplin saat belajar tanpa adanya rasa tertekan, sebaiknya atur waktu belajar Anda secara lebih efektif.
Tips-tips Perkuat Literasi Belajar Anak di Masa Pandemi
Pandemi Covid-19 telah memberikan perubahan yang sangat besar terhadap kegiatan belajar mengajar.
0
Kebut Belajar Hingga Tengah Malam, Berhasilkah?
Hal ini sudah menjadi lumrah dan bukan hal yang baru.