3 Cara Mudah Merekam Layar di Laptop

Didorong oleh perkembangan digital, perusahaan-perusahaan teknologi kini terus mencetak terobosan baru dengan mengeluarkan beragam jenis.
Ilustrasi – Beberapa orang sedang melakukan meeting online. (Foto: Tagar/Pexels/Anna Shvets)

Jakarta – Didorong oleh perkembangan digital, perusahaan-perusahaan teknologi kini terus mencetak terobosan baru dengan mengeluarkan beragam jenis, model, dan fitur laptop yang menarik. Salah satu fitur menarik ada dalam peluncuran Windows 10 adalah fitur merekam layar laptop atau screen record.

Hadirnya fitur ini memberi pengaruh yang sangat besar bagi para pengguna karena dapat membantunya merekam dan menonton ulang materi atau kegiatan yang tertinggal. 

Terlebih, dengan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk bekerja, belajar, dan menggelar acara webinar dari rumah.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merekam layar dari laptop, salah satunya adalah dengan fitur Xbox Game Bar yang tidak mewajibkan penggunanya untuk menggunakan aplikasi tambahan hanya untuk merekam aktivitas di layar laptop. Selain itu, Anda juga dapat merekam segala aktivitas di layar laptop dengan bantuan pihak ke-3 jika fitur laptop tersebut tidak memadai.

Memiliki peran yang sangat penting untuk memudahkan pekerjaan seseorang, berikut 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk merekam aktivitas di layar laptop.


1. Fitur game bar

Game bar merupakan fitur bawaan yang berfungsi untuk mendukung pengalaman permainan Anda lewat fitur pembaruan yang diberikan. Salah satu fitur pembaruan yang populer dan sangat bermanfaat adalah screen record atau perekam video.

  • Buka ikon Windows dan pilih menu Settings
  • Klik opsi Gaming, dan aktifkan Xbox Game Bar dengan menggeser tanda Off ke On untuk mengaktifkan fitur game bar.
  • Setelah fitur tersebut aktif, tekan WinKey+G dan pilih tombol “Start Recording” yang berbentuk titik bulat atau tekan WinKey+Alt+R untuk memulai rekaman.
  • Sementara untuk menghentikannya, Anda hanya perlu menekan tombol “Stop Recording” pada bagian kanan atas.
  • Untuk melihat hasil rekaman, cukup buka File Explorer dan klik folder Videos, lalu cari video hasil rekaman di dalam folder Capture atau klik kembali WinKey+G untuk menampilkan rekaman-rekaman terakhir yang berada layar sebelah kanan.

2. VLC

Tidak hanya digunakan untuk pemutar video, VLC ternyata juga dapat digunakan untuk merekam aktivitas layar laptop Anda. Cara menggunakannya pun sangat mudah, asalkan Anda sudah menginstal aplikasi ini terlebih dahulu.

3. Bandicam

Bandicam merupakan aplikasi perekam layar laptop yang dapat digunakan di hampir semua versi Windows. Sama seperti VLC, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini.

  • Buka aplikasi Bandicam dan klik “Screen Recording Mode”.
  • Akan ada 4 mode yang bisa digunakan, pilih salah satu opsi dan tekan tombol “REC”.
  • Tekan tombol yang sama untuk menghentikan rekaman, lalu klik menu “Home” untuk melihat file hasil rekaman.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Perhatikan Tips Berikut Ini Sebelum Membeli Laptop
Kebutuhan akan laptop di masa pandemi ini meningkat, membuat orang-orang harus seletif ketika membeli laptop.
Cara Screenshot di Komputer PC atau Laptop
Bagi pengguna komputer PC atau laptop berbasis Windows sering kali masih kesulitan, bingung atau tidak mengetahui cara melakukan screenshoot.
Cara Bersihkan Laptop di Tengah Wabah Coronavirus
Laptop menjadi perangkat kerja baik di kantor dan rumah. Dalam kondisi sekarang ini kita dituntut kerja dari rumah. Jangan ada virus di rumah kita.
0
3 Cara Mudah Merekam Layar di Laptop
Didorong oleh perkembangan digital, perusahaan-perusahaan teknologi kini terus mencetak terobosan baru dengan mengeluarkan beragam jenis.