Cara Bersihkan Laptop di Tengah Wabah Coronavirus

Laptop menjadi perangkat kerja baik di kantor dan rumah. Dalam kondisi sekarang ini kita dituntut kerja dari rumah. Jangan ada virus di rumah kita.
Laptop (Foto: Pixabay).

Jakarta - Komputer jinjing atau laptop menjadi perangkat kerja baik di kantor maupun di rumah. Terlebih dalam kondisi sekarang ini kita dituntut kerja dari rumah atau work from home (WFH) karena wabah coronavirus (Covid-19). Anak sekolah pun belajar dari rumah menggunakan laptop.

Supaya aman dari virus corona saat bekerja atau belajar dari rumah, maka kebersihan perangkat juga harus diperhatikan. Jangan biarkan ada virus di rumah kita.

Dikutip dari Antara, Selasa, 31 Maret 2020, Hewlett-Packard (HP) Indonesia membagikan sejumlah tips cara membersihkan laptop yang tepat di tengah wabah virus corona.

1. Disinfektan 

Bersihkan laptop menggunakan disinfektan yang disarankan CDC (Centers for Disease Control and Prevention), yakni larutan alkohol yang mengandung 70 persen isopropil alkohol dan 30 persen air.

2. Matikan aliran listrik 

Matikan perangkat dan daya listrik, jangan lupa lepas dari stopkontak dan perlengkapan eksternal lainnya. Jangan bersihkan perangkat dalam keadaan menyala atau terhubung ke stopkontak.

3. Kain microfiber 

Kenakan sarung tangan dan basahi kain microfiber dengan disinfektan. Lap dan sterilkan permukaan perangkat laptop. 

Usapkan perlahan kain lembap tersebut di permukaan yang hendak dibersihkan. Jangan biarkan cairan apa pun menetes ke bagian-bagian perangkat seperti keyboard, panel display atau port USB di panel kontrol printer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

4. Satu arah 

Ketika membersihkan sebuah layar atau panel kontrol printer, usapkan kain pembersih dengan satu arah, dari bagian atas permukaan ke bawah. 

Pastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering sebelum menyalakan perangkat kembali. Jangan nyalakan perangkat jika masih ada cairan atau kelembapan yang tersisa di permukaan. 

Buang sarung tangan setiap selesai membersihkan perangkat dan segera cuci tangan setelah melepas sarung tangan.[]

Berita terkait
4 Cara Bersihkan Ponsel Agar Tidak Tertular Flu
Ponsel adalah barang paling kotor yang dijumpai setiap hari. Smartphone lebih kotor 10 kali lipat daripada kursi toilet duduk.
8 Bahan Makanan Mampu Membersihkan Paru-paru
Pentingnya menjaga kebersihan paru-paru agar tidak berisiko pada kesehatan. Berikut bahan makanan yang berfungsi membersihkan organ pernapasan itu.
Cegah Corona, Masjid di Makassar Dibersihkan
Antisipasi penyebaran virus Corona sejumlah masjid di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mulai dibersihkan
0
UU Gereja Katolik Tentang Pelecehan Seksual Direvisi Paus
Paus Fransiskus membuat perubahan besar pada undang-undang Gereja Katolik tentang pelecehan seksual melalui revisi