UNTUK INDONESIA
YOSS Serahkan Stadion Mattoanging ke Pemprov Sulsel
Setelah puluhan tahun dikelola YOSS, akhirnya Stadion Mattoanging Makassar dikembalikan ke Pemprov Sulsel.
Gubernur Sulawesi Selatan, HM. Nurdin Abdullah bersama Ketua YOSS, Andi Ilham Mattalatta saat menyerahkan aset Stadion Andi Mattalatta, ke Pemprov Sulsel, Senin 2 Maret 2020. (Foto: Tagar/Muhammad Ilham).

Makassar - Setelah puluhan tahun aset Stadion Andi Mattalatta dikelola oleh pihak Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS), akhirnya dikembalikan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Senin 2 Maret 2020.

Gubernur Sulawesi Selatan, HM. Nurdin Abdullah mengatakan, pengembalian aset tersebut setelah dilakukan pembicaraan dengan DPRD Sulsel dan Andi Ilham Mattalatta sebagai Ketua YOSS.

Soal pengelolahan nanti, kita belum ada konsep siapa yang akan mengelola.

"Bahwa aset kita tidak ada masalah dengan Andi Ilham akan menyerahkan Stadion Mattoanging. ini sudah bagus, sudah ada kesepatakan Andi Ilham dan DPRD. Hari ini diserahkan dan kita akan segera merehab," kata Gubernur Sulsel.

Kendati demikian, pengelolaan Stadion Andi Mattalatta nantinya kata Nurdin, pihaknya belum mempunyai konsep siapa yang akan mengelola stadion tersebut jika sudah direhabilitasi.

"Soal pengelolahan nanti, kita belum ada konsep siapa yang akan mengelola. Tapi YOSS ini sudah dari dulu mengelola olahraga sedikit banyaknya beliau punya andil olahraga di Sulsel, termasuk Andi Mattalatta. Nanti kalau sudah selesai kita akan duduk kembali," ungkapnya.

"Kalau sekarang ini YOSS jalan sendiri, memang tidak ada APBD yang masuk kesitu ke depan, tentu kita lebih intens mengurus itu. KPK kan memang mengurusi aset kita. Hari ini diserahkan dan sudah jalan," sambungnya.

Untuk merehabilitasi Stadion Andi Mattalatta beber Nurdin menghabiskan anggaran sekitar Rp 900 miliar. Sementara, pihak Pemprov Sulsel baru memiliki anggaran sebesar Rp 200 miliar yang berasal dari Anggaran Pokok Belanja Daerah (APBD). Oleh hanya itu, pihak pemerintah masih mencari sisa anggaran rehabilitasi Stadion Andi Mattalatta.

"Total pembukuan Rp 900 Miliar, kita baru punya Rp 200 Miliar. Jadi, sisanya Rp 700 Miliar kita masih menunggu. APBD Rp 200 Miliar tambah dari kemenpora yang mensupport. Besok kita ada eksposes di Bappenas bahas hal tersebut," ujarnya. []

Berita terkait
KPK: Kembalikan Aset Pemprov Termasuk Mattoanging
KPK RI bersama Pemprov Sulsel, Kejaksaan dan Polda Sulsel sedang berupaya menertibkan aset daerah salah satunya Stadion Mattoanging Makassar.
Soal Mattoanging, Gubernur Sulsel: Tidak Perlu Risau
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, masyarakat tidak perlu risau terhadap Stadion Mattoanging Makassar. Ini alasannya.
Penertiban Stadion Mattoanging Makassar Ricuh
Penertiban Stadion Mattoanging oleh Satpol PP Pemprov Sulsel dilawan dengan bom molotov oleh kubu YOSS.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.