UNTUK INDONESIA
Yogyakarta Kekurangan ASN, Terbanyak di Dua Profesi
Pemda DIY mengalami kekurangan pegawai di dua profesi. Apalagi tahun ini ada 800 ASN yang memasuki masa pensiun.
Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Tagar/Rahmat Jiwandono)

Yogyakarta - Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X melantik dan mengambil sumpah jabatan kepada 126 aparatur sipil negara (ASN) eselon II dan III di lingkup Pemerinta Daerah (Pemda) DIY. Namun, Pemda DIY masih mengalami kekurangan ribuan ASN.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Amin Purwani mengatakan, pelantikan digelar di empat lokasi di Kompleks Kepatihan pada 14 September 2020. Mereka yang dilantik terdiri dari 34 pejabat administrator dan 92 pejabat pengawas. Mereka telah mengalami rotasi, mutasi, maupun promosi jabatan.

Dia mengatakan, pelantikan digelar di empat titik lokasi untuk menjaga penerapan protokol kesehatan. "Di Gedhong Pracimosono 13 peserta, Radyo Suyoso 43 dan unit 9 dan 8 masing-masing 30 unit peserta," katanya, Senin, 14 September 2020.

Pelantikan ini diharapkan dapat mengisi kekosongan jabatan. Menurutnya, untuk tahun ini ada sekitar 800 ASN yang memasuki masa pensiun. "Dari mulai pelaksana, pengawas, administrator, sampai JPT termasuk fungsional," katanya.

Itu kalau nanti teregistrasi semua ya.

Amin mengungkapkan, Pemda DIY masih mengalami kekurangan pegawai. Jumlahnya mencapai ribuan. Mayoritas adalah guru dan perawat. Untuk mengisi kekosongan pihaknya telah merekrut sekitar 3.000 tenaga pembantu. Sedangkan dari hasil seleksi CPNS sendiri BKD DIY bisa merekrut sekitar 718 pegawai. "Itu kalau nanti teregistrasi semua ya," katanya.

Amin berharap agar pejabat yang dilantik bisa bekerja secara optimal. "Rotasi ada mutasi internal maupun antar OPD, harapannya semua bisa bekerja lebih baik", jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, hampir semua jabatan yang kosong sampai bulan Agustus ini terisi seluruhnya. Dia berharap kinerja lembaga menjadi lebih baik semenjak ada pelantikan ini.

"Harapannya membuat kelembagaan menjadi lengkap sehingga hambatan-hambatan pekerjaan bisa lebih dikurangi. Capaian kinerja juga jadi lebih baik," kata Aji, sapaan akra Kadarmanta Baskara Aji. []

Berita terkait
Pemda DIY dan DPD RI Bahas Dana Keistimewaan Yogya
Rapat kerja Pemda DIY dan Pemkot/Pemkab se-DIY bersama Komite IV DPR RI membahas tentang Dana Keistimewaan DIY yang disetujui pemerintah pusat
Tugas ASN Kota Yogyakarta Saat Pandemi C-19
ASN di Kota Yogyakarta harus menjadi agen perubahan. Tugasnya salah satunya ikut mengendalikan penyebaran C-19 di lingkungan masing-masing.
Selama 5 Tahun 250 ASN Singkil Pindah Tugas
Aceh Singkil saat ini membutuhkan putra-putri daerah sendiri karena selama ini dinilai ASN mayoritasnya masyarakat pendatang di Aceh Singkil.
0
Kronologi Bareskrim Polri Tangkap Nur Sugi di Malang
Bareskrim Polri menangkap Nur Sugi Raharja di rumahnya disaksikan oleh anaknya. Nur Sugi ditangkap kasus ujaran kebencian terhadap NU.