UNTUK INDONESIA
Xiaomi Hentikan Pembaruan MIUI 11, MIUI 12 Hadir?
Xiaomi resmi menghentikan pembaruan terhadap antarmuka MIUI 11. Hal ini menjadi indikasi kehadiran generasi penerusnya, yakni MIUI 12.
MIUI 12. (Foto: Gizmochina)

Jakarta - Tim pengembangan resmi Xiaomi MIUI telah mengumumkan bahwa pekan ini menjadi yang terakhir untuk pembaruan dari MIUI 11. Kabar ini disampaikan dalam pembaruan patch beta MIUI versi 20.3.23 build pada Senin, 23 Maret 2020, yang mungkin saja menjadi indikasi kehadiran MIUI 12.

"Hai semuanya! Minggu ini adalah minggu terakhir dari versi pengembangan MIUI 11, dan akan ditangguhkan untuk periode waktu mulai minggu depan. Saya percaya bahwa hal-hal baik akan terjadi," tulis Xiaomi, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Selasa, 24 Maret 2020.

MIUI merupakan antarmuka yang didasarkan pada platform OS Android. MIUI 11 versi terbaru didasarkan pada Android 10. Sebelumnya tim pengembang MIUI telah menunda rilis MIUI 11 untuk perangkat Xiaomi Mi 9 Pro, Mi 10, hingga Mi 10 Pro, karena pengujian yang tidak lengkap. Bahkan hal tersebut juga menyebabkan keterlambatan update MIUI 11 untuk Redmi Note 8.

Baca juga: Daftar Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 11

Penundaan dan pembatalan ini juga disebabkan oleh pandemi virus corona, yang baru-baru ini telah mempengaruhi dunia, terlebih di China. Bahkan virus mematikan ini telah mengganggu pasokan ponsel global yang hampir sebagian besar berasal dari Negeri Tirai Bambu.

Namun, belakangan ini beberapa orang telah menemukan tanda-tanda kehadiran MIUI 12 di situs web resmi MIUI. Xiaomi diperkirakan saat ini tengah melakukan pengembangan terhadap generasi penerus dari MIUI 11 ini, meskipun harus menunggu pengumuman resmi dari raksasa teknologi China ini.

Baca juga: Gamepad Black Shark akan Tersedia untuk Xiaomi Mi 10

Berdasarkan pola peluncuran antarmuka Xiaomi, MIUI 12 diperkirakan hadir pada awal tahun. Sejak dirilis pada 2010, MIUI sudah mendapatkan pembaruan sekitar 444 minggu, dan generasi terbaru ini akan datang sebagai peringatan 10 tahun MIUI.[]

Berita terkait
Harga Ponsel Xiaomi Tidak Berpengaruh Rupiah Lemah
Harga ponsel Xiaomi di Indonesia tidak berpengaruh rupiah yang melemah terhadap dolar AS karena wabah virus corona (COVID-19).
Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro Meluncur 27 Maret 2020
Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro dipastikan akan meluncur pada 27 Maret 2020, setelah batal debut dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2020.
Fitur-fitur yang Hadir di Android 11
Google meluncurkan sistem operasi Android 11 pada Rabu, 19 Januari 2020. Sistem ini akan hadir dengan banyak fitur baru.
0
KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Suap Lapas Sukamiskin
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas izin keluar Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.