Windows 11 Sudah bisa di Download, Berikut Fitur Unggulannya

Microsoft secara resmi telah merilis Windows 11 miliknya pada Selasa, 5 Oktober 2021. Berikut fitur unggulan yang bisa di download.
Tampilan antarmuka Windows 11. (Foto: Tagar/Instagram/@microsoft)

Jakarta - Microsoft secara resmi telah merilis Windows 11 miliknya pada Selasa, 5 Oktober 2021. Bagi anda yang memiliki Windows 10 dapat menginstal Windows 11 ini secara gratis sampai pertengahan 2022.

Namun tidak semua PC bisa menginstall Windows 11, terdapat beberapa spesifikasi tertentu agar bisa menginstall Windows 11. Pengguna bisa memanfaatkan software dari Microsoft yaitu PC Health Check untuk mengecek apakah PC anda memenuhi syarat spesifikasi atau tidak.

Windows 11 menghadirkan sejumlah fitur baru khususnya pada Tampilan antarmuka (UI) yang lebih minimalis hal ini merupakan perubahan besar pada Windows 11, selain itu Windows 11 ini juga dapat menjalankan aplikasi android. Windows 11 juga dirancang untuk meningkatkan produktivitas serta kreativitas bagi pemakainya.

Microsoft memang menghadirkan banyak fitur baru pada Windows 11, namun terdapat beberapa fitur unggulan yang ditunggu-tunggu bagi para pengguna Windows. Nah berikut ini 5 fitur unggulan pada Windows 11.


1. Tampilan antarmuka (UI)

Berbeda pada Windows 10 sebelumnya, Windows 11 memiliki tampilan yang jauh lebih sederhana dan simple dengan memiliki pinggiran yang membulat membuatnya tampil lebih minimalis dan disertai juga dengan warna pastel yang membuatnya terlihat elegant. Selain itu menu start Windows 11 ini berada di tengah, berbeda dengan Windows 10 yang menempatkan menu start di sebelah kiri.


2. Mendukung aplikasi Android

Fitur ini menjadi fitur favorit dan yang di tunggu – tunggu bagi pengguna Windows. bagaimana tidak, pada fitur ini pengguna Windows 11 dapat menjalankan aplikasi Android tanpa harus menggunakan emulator. Pengguna Windows 11 nantinya dapat menggunakan aplikasi Android yang dapat ditemukan pada Windows store.


3. Snap Layout

Fitur ini membantu anda untuk membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Berbeda dengan Windows 10 yang mengatur jendela di layar dengan manual, kini di Windows 11 anda dapat lebih mudah untuk mengaturnya cukup klik dan aplikasi dapat tersusun secara otomatis sesuai dengan pola yang dipilih.


4. Widget

Fitur ini sebenarnya sudah ada pada pembaruan Windows 10 belum lama ini, tapi tidak dapat di kustomisasi secara penuh. Namun pada Windows 11 anda dapat mengkustomisasi sesuai dengan keinginan anda serta dapat mengaksesnya langsung melalui taskbar.


5. Microsoft Teams

Fitur unggulan berikutnya dari Windows 11 yakni aplikasi Teams. Pengguna dapat megirim ataupun menerima pesan seperti aplikasi Messenger, Whatsapp, dan Skype. Aplikasi Teams juga dapat melakukan meeting online yang mudah digunakan dan mudah untuk diakses. Aplikasi Teams dari Mircosoft ini dapat diakses juga melalui Android, Windows, Mac, serta IOS.

Nah itu tadi merupakan fitur-fitur unggulan serta yang ditunggu bagi para pengguna Windows. Bagi anda yang ingin mengupdate ke Windows 11 anda bisa mengunjungi websitenya resminya atau bisa dengan cara membuka setting, kemudian mengklik Windows update bila sudah tersedia.

Namun jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu apakah PC kamu memenuhi syarat spesifikasi atau tidak.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Publik Bisa Unduh Windows 11 Mulai 5 Oktober 2021
Microsoft menargetkan semua perangkat yang eligible telah mendapat upgrade gratis pada pertengahan 2022.
Hindari Peretasan, Update Windows 10 Anda
Microsoft peringatkan ke pengguna Windows 10 untuk segera memperbarui sistem operasi dengan patch update terbaru untuk menghindari serangan.
5 Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot
Banyak pengguna yang mengeluhkan lemotnya akses pada Windows 10. Lantas, bagaimana cara mengatasi Windows 10 yang lemot? Berikut ulasannya.
0
Windows 11 Sudah bisa di Download, Berikut Fitur Unggulannya
Microsoft secara resmi telah merilis Windows 11 miliknya pada Selasa, 5 Oktober 2021. Berikut fitur unggulan yang bisa di download.