Waspada! Inilah Berbagai Modus Penipuan Bitcoin

Banyak oknum yang memanfaatkan kepopuleran Bitcoin sebagai alat untuk melakukan kejahatan maupun penipuan alias Scam.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Bitcoin merupakan salah satu dari sekian banyak mata uang digital di dunia. Bitcoin termasuk koin dengan kapitalisasi terbesar dan mencapai miliaran dolar. Tak heran, tidak menutup kemungkinan banyak oknum yang memanfaatkan kepopulerannya sebagai alat untuk melakukan kejahatan maupun penipuan alias Scam. Berikut beberapa contoh penipuan Bitcoin.


Bursa aset kripto palsu

Menayangkan iklan mengatasnamakan bursa aset kripto resmi dan terpercaya yang menawarkan Bitcoin dengan harga di bawah pasar. Untuk menghindarinya, periksa situs bursa aset kripto itu, apakah memakai protokol secure socket layer yaitu HTTPS, bukan HTTP biasa. HTTPS berarti situs yang dikunjungi terenkripsi dan aman menghindari teknik peretasan yakni phising.


Bursa pengisian saldo payPal dengan pembayaran bitcoin

Korban diberi QR code untuk mengirim Bitcoin, tetapi saldo PayPalnya tidak pernah tiba. Penting, selalu periksa nama situsnya. Ketik langsung nama situsnya di address bar dan hindari pemakaian bookmark, sebab bookmark dapat diretas dan diganti dengan nama situs yang mirip, tetapi palsu.


Dompet bitcoin palsu

Mengenali dompet Bitcoin palsu lebih sulit dibandingkan bursa palsu, sebab melibatkan peranti lunak yang digunakan. Umumnya, dompet palsu berisi malware yang menginfeksi komputer korban untuk mencuri kata sandi atau private key.


Penipuan phishing

Korban ditipu dengan diminta mengunjungi ke situs palsu yang dibuat mirip situs asli. Penipu menghubungi korban melalui surel (e-mail) atau iklan palsu. Ketika korban mengunjungi situs tersebut, malware terpasang di komputer dan mengintip password di komputer. Langsung kunjungilah situs yang bersangkutan.


Skema ponzi

Situs Ponzi sulit dikenali, tetapi mudah dipahami jika cara menggandakan Bitcoin adalah dengan mengirimnya ke situs tersebut. Terkadang ada situs Ponzi umumnya memiliki program referal. Jika seseorang berhasil mengajak korban lain bergabung, maka orang itu mendapatkan komisi.


Cloud mining

Tidak semua situs cloud mining adalah penipuan. Beberapa di antaranya benar-benar asli, tetapi tak sediki yang palsu. Cloud mining menyewakan hash power (daya komputasi), di mana pengguna menyewa mesin penambang Bitcoin.


Pangeran Nigeria

Kendati aset kripto merupakan pasar yang relatif baru, metode penipuan yang dipakai kriminal mirip dengan pasar lainnya. Metode di mana seseorang yang mengaku sebagai bangsawan mengklaim sedang bermasalah dan meminta bantuan dana korban. Korban dijanjikan akan ditransfer aset kripto yang banyak jika membantu sang pangeran mengirim uang keluar dari negara asalnya.


Bitcoin lending plartform, mmoney game, hyip

Ciri yang paling mendasar adalah situs bitcoin bisa melakukan lending. Artinya, meminjamkan bitcoin kita ke situs tersebut dan kita akan diberikan reward berupa profit sebesar 1 sampai 3 % perhari. Padahal koin yang kita simpan akan terkunci hingga ratusan hari dan akan bisa ditarik setelah masa kontraknya selesai.


Berkedok mining atau menambang koin

jika melihat situs yang berkedok cloud mining, situsnya menjanjikan profit maka sebaiknya diselidiki dulu. Cek di bitcointalk (forum crypto terbesar di dunia) atau search melalui google untuk memastikan program cloud mining yang kalian ikuti bukan situs SCAM (penipu)


Giveaway bitcoin atau ethereum

Penipu alias scammer memanfaatkan giveaway untuk menipu para crypto pemula atau yang masih awam. Modusnya kita akan disuruh mengirimkan coin kita baik bitcoin ethereum, dll ke alamat wallet mereka dan dijanjikan kirim balik yang lebih besar.


Blackmail

Satu satu modus yang digunakan umumnya melalui email, di mana pelaku mengirimkan pesan yang mengklaim bahwa ia telah meretas komputer anda dan mengoperasikannya melalui protokol desktop jarak jauh (RDP). Pelaku mengklaim telah menanamkan key logger dan merekam aktifitas pribadi anda yang mungkin tidak ingin diketahui orang lain melalui kamera web anda.


Bertatap muka

Ketika membeli atau menjual bitcoin secara langsung, pihak lawan di perdagangan tersebut mungkin akan meminta anda untuk bertemu untuk melakukan pertukaran. Jika pihak bukanlah yang anda kenal, hal ini jadi cukup beresiko dan dapat membuat anda dirampok dan terluka. Penipu juga kerap menukarkan mata uang palsu dengan bitcoin. Pertimbangkan menggunakan platform peer-to-peer untuk membuat esrcrow dana tersebut saat bertemu secara langsung.


Pump and Dump

Jangan percaya pada orang-orang yang berupaya untuk menarik anda atau orang lain agar mau berinvestasi dengan klaim bahwa mereka mengetahui pergerakan harga bitcoin mendatang. Dalam skema pump and dump, seseorang (atau oknum) mencoba untuk menaikkan atau memompa harga secara tidak wajar, sehingga mereka dapat menjatuhkan harga dengan aset simpanannya untuk mendapatkan keuntungan.


Ransomware

Ini adalah jenis malware yang sebagian atau sepenuhnya memblokir akses perangkat kecuali anda membayar tebusan berupa bitcoin. Cara yang terbaik adalah dengan meminta saran dan berkonsultasi dari pakar komputer profesional dan tepercaya untuk bantuan cara mengatasinya, daripada membayar tebusan.


Koin scam

Koin scam bisa menggunakan tampilan website yang mencolok dan/atau membanggakan komunitas besarnya. Untuk coin scam yang tidak didukung komunitas besar mungkin akan menggunakan airdrops, menawarkan coin (atau token) gratis untuk bergabung di komunitasnya. Koin scam mungkin juga menggunakan kata Bitcoin sebagai upaya untuk mengelabui atau menyesatkan orang, dan berpikir seolah ada keterkaitan dengan bitcoin. []

(Vidiana Lihayati)


Baca Juga:

Berita terkait
Kripto Terkini: Shiba Inu Tergusur Bitcoin dan Ethereum
Dengan pendinginan semangat spekulatif, perhatian pasar bisa beralih kembali ke Bitcoin dan kripto utama lainnya.
7 Rekomendasi Situs Mining Bitcoin Terbaik
Mining merupakan cara untuk menambang bitcoin tanpa perangkat khusus dengan memecahkan teka-teki komputasi.
Yuk Kenali 4 Resiko Bitcoin Sebelum Investasi
Selain menawarkan keuntungan tinggi dengan minimum modal investasi yang rendah, Bitcoin juga kini sudah legal di Indonesia.
0
Waspada! Inilah Berbagai Modus Penipuan Bitcoin
Banyak oknum yang memanfaatkan kepopuleran Bitcoin sebagai alat untuk melakukan kejahatan maupun penipuan alias Scam.