UNTUK INDONESIA
Waspada Bakar Lahan Panas di Aceh 34 Derajat Celsius
Suhu udara di Provinsi Aceh mencapai 34 derajat celsius, masyarakat diminta waspada.
Seorang warga melindungi kepalanya karena suhu udara yang terasa panas. (Foto: Tagar/Agam Khalilullah)

Lhokseumawe – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda merilis laporan, akibat memasuki musim panas maka suhu udara di Provinsi Aceh mencapai 34 derajat celsius.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda Zakaria mengatakan, kondisi udara di Aceh memang terasa panas dan menyengat, akibat adanya peningkatan suhu udara.

Bagi para nelayan dan kapal penyeberangan, agar berhati-hati karena gelombang laut Aceh sedikit tinggi.

“Peningkatan suhu udara ini disebabkan karena wilayah Aceh sudah memasuki musim kemarau dan diperkirakan nantinya suhu udara tersebut akan terus mengalami peningkatan mencapai 37 derajat celsius,” ujar Zakaria kepada Tagar, Rabu, 27 Februari 2020.

Zakaria menambahkan, selama musim kemarau maka diharapkan kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan metode membakar, karena lahan-lahan gambut telah kering.

Apabila dipaksakan dengan metode membakar, maka akan terjadi kebakaran lahan dan bisa menimbulkan kabut asap, yang tentunya akan berdampak kepada segala sektor-sektor lainnya.

“Kalau cuaca seperti ini jangan lah membakar lahan karena sudah sangat kering, jangankan untuk membakar apabila terkena puntung rokok saja, maka lahan gambut akan menjadi terbakar,” tutur Zakaria.

Tambahnya, selain persoalan suhu udara yang panas, hal lainnya yang perlu diantisipasi adalah persoalan gelombang laut, karena adanya angin kencang yang bisa menyebabkan tingginya gelombang.

“Bagi para nelayan dan kapal penyeberangan, agar berhati-hati karena gelombang laut Aceh sedikit tinggi,” kata Zakaria. []

Baca Juga: 

Berita terkait
Pemuda di Aceh Perkosa Keponakan Berulang Kali
Pemuda di Aceh ditangkap karena memperkosa keponakannya sendiri yang masih berumur 13 tahun.
Pukul Wartawan, Pengusaha di Aceh Ditangkap Polisi
Petugas kepolisian resor (Polres) Aceh Barat akhirnya menahan Akrim Nurdin seorang pengusaha yang melakukan penganiayaan terhadap seorang wartawan.
SNMPTN Unsyiah Aceh Ditutup Malam Nanti
Pendaftaran dan finalisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan ditutup pada hari ini.
0
Viking Sun, Ganjar Pranowo-Hendrar Prihadi Kompak
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersikap sama atas kehadiran kapal pesiar Viking Sun.