Warga Semarang Ramai Kirim Karangan Bunga untuk Hendi

Karangan bunga memenuhi jalan protokol Kota Semarang jelang pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Hendi-Ita.
Karangan bunga memenuhi jalan protokol Kota Semarang jelang pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Hendi-Ita. (Foto:Tagar/Pemkot Semarang)

Semarang - Pelantikan kepala daerah tahun 2021 di Semarang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Pelantikan kali ini digelar secara virtual dan pesta rakyat juga ditiadakan lantaran adanya pandemi Corona Covid-19.

Meski demikian, kemeriahan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu tetap nampak, salah satunya melalui ribuan karangan bunga yang berjejer menghiasi jalan protokol di Kota Semarang.

Nanti usai pelantikan memang tidak ada pesta rakyat untuk merayakan pelantikan, tapi masyarakat Semarang bisa memberikan ucapan selamat dalam bentuk karangan bunga.

Titik penumpukan karangan bunga, terlihat di Jalan Pemuda, Imam Bonjol dan Piere Tendean Kota Semarang. Pengirim karangan bunga tersebut pun beragam, mulai dari instansi pemerintahan dan pendidikan, organisasi kemasyarakatan, perusahaan swasta, perbankan, hingga media massa.

Menariknya karangan bunga yang datang tak hanya dari kalangan pejabat dan pengusaha saja. Tetapi sejumlah komunitas, masyarakat umum hingga pedagang pasar juga tak mau ketinggalan memberikan ucapan selamat kepada Hendi, panggilan akrab Wali Kota Semarang terpilih tersebut.

Menanggapi banyaknya karangan bunga yang menghiasi jalan protokol di kota Semarang, Plh. Wali kota Semarang Iswar Aminuddin menyebut hal itu merupakan wujud dukungan masyarakat, sebab tidak adanya perayaan yang dilakukan demi mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Nanti usai pelantikan memang tidak ada pesta rakyat untuk merayakan pelantikan, tapi masyarakat Semarang bisa memberikan ucapan selamat dalam bentuk karangan bunga," tutur Iswar berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tagar pada Kamis, 25 Februari 2021.

Agar lebih teratur, Pemerintah Kota Semarang telah menyiapkan beberapa sektor jalan yang dapat digunakan dalam penempatan karangan bunga. Hal ini, sebagai antisipasi semakin bertambahnya jumlah karangan bunga. 

Tempat yang telah disiapkan itu, seperti halaman Balaikota Semarang, ruas Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Kapten Pierre Tendean, Jalan Gajahmada, Jalan Mgr. Sugiyopranoto dan Jalan Pandanaran.

Sementara Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengungkapkan bahwa ia telah menugaskan jajarannya untuk mengatur dan mengamankan karangan bunga tersebut hingga pelantikan usai.

“Kita terjunkan 120 anggota Satpol PP untuk mengamankan karangan bunga ini dari tangan-tangan jahil agar tidak rusak," tegas Fajar. []

Berita terkait
Karangan Bunga Pelantikan Penuhi Jalan Protokol Semarang
Jelang pelantikan Hendi - Ita sebagai kepala daerah, karangan bunga memenuhi Balai Kota hingga jalan protokol Kota Semarang.
Pedagang Bunga Semarang Banjir Order Jelang Pelantikan Hendi-Ita
Pengrajin karangan bunga di Pasar Kembang Kalisari Semarang, ketiban rejeki seiring pelantikan Hendi-Ita sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota.
Hendi Tak Jabat Wali Kota Semarang Sejak 17 Februari 2021
Hendrar Prihadi telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Wali Kota Semarang pada 17 Februari 2021.
0
Politikus PDIP Jagokan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Politisi PDIP Effendi Simbolon menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI mengantikan Hadi Tjahjanto.