Pedagang Bunga Semarang Banjir Order Jelang Pelantikan Hendi-Ita

Pengrajin karangan bunga di Pasar Kembang Kalisari Semarang, ketiban rejeki seiring pelantikan Hendi-Ita sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota.
Pengrajin karangan bunga di kawasan Pasar Kembang Kalisari, Jalan dr. Soetomo, Kota Semarang Jawa Tengah. (Foto:Tagar/Pemkot Semarang)

Semarang - Pengrajin karangan bunga di kawasan Pasar Kembang Kalisari, Jalan dr. Soetomo, Kota Semarang Jawa Tengah, ketiban rejeki seiring pelantikan Wali kota dan Wakil Wali kota Semarang terpilih, Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Salah satu UMKM yang beruntung itu adalah Yulianingsih, Ia mengaku ada peningkatan order karangan bunga yang cukup signifikan untuk ucapan selamat pelantikan untuk pasangan kader PDI Perjuangan yang akrab disapa Hendi - Ita tersebut.

Alhamdulillah untuk karangan bunga menjelang pelantikan Pak Wali sangat di luar perkiraan kami. Omsetnya luar biasa.

Menurutnya, momen pelantikan Wali Kota Semarang menjadi berkah luar biasa baginya, mengingat selama masa pandemi Covid-19, pesanan karangan bunga menurun. 

“Di masa pandemi ini sangat berpengaruh, khususnya waktu awal-awal pandemi misalnya karangan bunga untuk pernikahan atau ulang tahun banyak berkurang. Alhamdulillah untuk karangan bunga menjelang pelantikan Pak Wali sangat di luar perkiraan kami. Omsetnya luar biasa,” tutur Yulianingsih berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tagar pada Rabu, 24 Februari 2021.

Selain Yulianingsih, lonjakan pesanan karangan bunga juga dirasakan pengrajin karangan bunga lainnya bernama Sri Ningsih. Sri mengungkapkan kalau omsetnya mengalami kenaikan hingga 4 kali lipat dari biasanya, bahkan membuat tokonya sampai kelabakan hingga menolak pesanan yang masuk. 

“Menjelang pelantikan pak wali ini omsetnya naik, kalau sebelum ini kan seminggu hanya 25 sampai 30 karangan bunga seminggu. Tapi sekarang bisa dapat 100 lebih. Semua ramai. Sampai Saya tolak-tolak," ungkap wanita yang telah puluhan tahun membuka usaha di pasar kembang Kalisari itu.

Perwakilan paguyuban pengrajin karangan bunga, Cucuk menerangkan bahwa kenaikan omset karangan bunga jelang pelantikan Wali kota dan Wakil Wali kota Semarang tidak hanya dirasakan oleh satu atau dua pengrajin saja, tetapi merata hingga hampir satu pasar. 

“Pedagang bunga ikut merasakan dampaknya pelantikan Wali Kota ini, mendapat orderan yang banyak, dan tidak hanya satu dua, tapi satu pasar merasakan semua,” tegasnya.

Terkait hal ini, Cucuk mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk Wali kota dan Wakil Wali kota Semarang terpilih, serta berharap keduanya dapat membawa Kota Semarang semakin Hebat. Sementara soal omset yang didapatkan jelang pelantikan, ia mengungkapkan bahwa dirinya pribadi juga merasakan kenaikan omset yang lebih dari hari biasa. 

"Jauh dari biasanya. Ini luar biasa Alhamdulillah," ucapnya.

Adapun, sesuai rencana pelantikan Wali kota dan wakil Wali kota hasil Pilkada serentak tahun 2020 yang semula dilaksanakan pada 17 Februari dipastikan akan digelar Jumat 26 Februari secara virtual. Hal ini, dilakukan untuk mencegah timbulnya kerumunan massa sekaligus mentaati protokol kesehatan sebagai upaya mencegah persebaran Covid-19. []

Berita terkait
Soal PPKM Mikro, Hendi: Sudah Ada Kampung Siaga di Semarang
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meyakini tak akan kesulitan mengimplementasikan PPKM Mikro sebab telah memiliki Kampung Siaga Candi Hebat.
Hendi Tak Jabat Wali Kota Semarang Sejak 17 Februari 2021
Hendrar Prihadi telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Wali Kota Semarang pada 17 Februari 2021.
Undip Semarang Kukuhkan 73 Doktor Baru, 34 Lulus Cumlaude
Undip Semarang mengukuhkan 73 doktor di wisuda ke-161. 34 di antaranya lulus dengan predikat cumlaude.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.