UNTUK INDONESIA
Warga Pasaman Tewas Tertimbun Tanah Longsor
Warga Pasaman, Sumatera Barat, yang dilaporkan hilang ditemukan tewas tertimbun longsor.
Proses pencarian korban tertimbun longsor di Pasaman, Sumatera Barat, dilakukan dengan alat seadannya. (Foto: Tagar/SAR Padang)

Pasaman - Jasad Itimah, 49 tahun, warga yang dilaporkan hilang sejak Sabtu, 15 Februari 2020, akhirnya ditemukan dalam keadaan tertimbun material longsor di Jorong Rotan Getah, Nagari Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mappatunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Jenazah tertimbun tumpukan longsor. Kedalaman tanah longsor mencapai tiga meter.

Tim BPBD gabungan menemukan jasad Itimah sekitar 100 meter dari titik dilaporkan hilang pada Selasa, `8 Februari 2020 sore. Proses evakuasi jenazah memakan waktu hingga 2 jam, sebab jenazah tertimbun material longsor yang cukup tinggi.

"Jenazah tertimbun tumpukan longsor. Kedalaman tanah longsor mencapai tiga meter," kata Koordinator Pos SAR Pasaman Zulfahmi, Selasa, 18 Februari 2020 malam.

Selain karena dalamnya tumpukan tanah longsor, kata Zulfahmi, tumpukan kayu-kayu besar yang berserakan juga memperlambat proses evakuasi. Apalagi, petugas hanya melakukan pencarian dengan alat seadanya.

"Alat berat tidak bisa masuk, makanya kami bersama BPBD, TNI, Polri dan masyarakat mencari dengan alat seadanya," tuturnya.

Setelah ditemukan, jenazah Itimah langsung dibawa ke rumah duka di Nagari Pituai, Kecamatan Mapattunggul untuk disemayamkan. Jenazah juga langsung dikuburkan malam hari ini.

Itimah merupakan korban terakhir dicari petugas dalam peristiwa longsor yang melanda Kabupaten Pasaman, Sumbar. Sebelumnya, empat nama sudah ditemukan tim gabungan. Masing-masing Anton, 33 tahun, Harapan, 43 tahun, Uzi, 18 tahun, Minas, 46 tahun.

"Dua meninggal dunia. Jenazah Minas sudah dikebumikan pada Sabtu 15 Februari 2020," katanya. []

Berita terkait
Hujan Deras, Warga Pasaman Tertimbun Longsor
Seorang di Pasaman, Sumatera Barat hilang akibat tertimbun lonsor.
Terduga Kejahatan Seksual Diringkus Polisi di Pasbar
Seorang pria diduga pelaku kejahatan seksual ditangkap polisi di Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.
Pasar Sumani Solok Terbakar, 6 Kios Ludes
Kebakaran melanda Pasar Sumani di Kecamatan X Kito Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.