Warga Klaten Hilang di Palung Pantai Parangkusumo Bantul

Dua warga Klaten, Jawa Tengah, terseret ke palung Pantai Parangkusumo Bantul, Yogyakarta, Rabu sore. Satu ditemukan, satu masih pencarian.
Proses evakusi korban tenggelam di Pantai Parangkusumo Bantul, Yogyakarta oleh petugas SAR (Foto: Istimewa)

Bantul – Dua orang terseret akibat masuk ke area palung Pantai Parangkusumo Bantul, Yogyakarta, Rabu, 16 Desember 2020 sore. Satu korban belum ditemukan atas nama Fajar Apriyanto, 20 tahun. Korban merupakan warga Dusun Sengon, Desa Ganti Warno, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sekretaris satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) Wilayah Operasional III Parangtritis, Arif mengatakan pada Rabu, 16 Desember 2020 korban Fajar datang ke Pantai parangtritis bersama tiga orang temannya yaitu, Bintang Andriansyah, 17 tahun, Adit Tria Nur Widiyanto, 14 tahun, dan Heni Wulandari 18 tahun. Keempat wisatawan tersebut merupakan warga Klaten.

Baca Juga:

Keempat wisatawan ini awalnya mengunjungi Pantai Parangtritis yang kemudian pada pukul 12.30 mereka pindah ke Pantai Parangkusumo yang letaknya tidak berjauhan.

Pencarian awal tadi dihentikan sementara saat pukul 18.00 WIB. Karena hari dan cuaca sudah mulai gelap. Pencarian berlanjut pukul 19.30 WIB.

Kemudian kronologi hanyutnya kedua korban ini bermula saat Fajar bersama Bintang Andriansyah bermain air di pantai. Keduanya tampak asyik bermain di sana. Tanpa disadari sekitar pukul 16.00 WIB keduanya masuk ke area palung dan kemudian tenggelam.

Hilang di ParangkusumoProses evakusi korban tenggelam di Pantai Parangkusumo Bantul, Yogyakarta oleh petugas SAR (Foto: Istimewa)

Mengetahui kejadian tersebut petugas Satlinmas wilayah tiga dan Tim SAR Polariud segera melakukan pertolongan. Bintang Ardiansyah dapat diselamatkan dengan bantuan petugas sebanyak 10 personel. "Bintang Ardiansyah salah satu yang tenggelam sudah dapat diselamatkan. Kondisinya sehat," kata Arif saat dihubungi media pada Rabu, 16 Desember 2020 petang.

Baca Juga:

Setelah salah satu korban dapat diselamatkan, Satlinmas wilayah tiga mengerahkan sebanyak 69 personel untuk melakukan pencarian terhadap Fajar yang belum ditemukan. Pencarian awal petugas dilakukan hingga pukul 18.00 WIB tadi dengan rute pencarian radius 500 meter ke arah kanan dan kiri dari lokasi kejadian korban tenggelam.

"Pencarian awal tadi dihentikan sementara saat pukul 18.00 WIB. Karena hari dan cuaca sudah mulai gelap. Pencarian berlanjut pukul 19.30 WIB," ungkapnya. []

Berita terkait
Kronologi Warga Sukoharjo Hanyut Saat BAB di Bengawan Solo
Warga Sukoharjo, Jateng, hanyut di Sungai Bengawan Solo akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal. Berikut kronologi menurut Basarnas Semarang.
Cari Ikan, Pria Tenggeles Kudus Hilang Hanyut di Sungai Piji
Taufik Handi, warga Tenggeles , Kudus, hilang setelah hanyut saat cari ikan di Sungai Piji, Kesambi. Saat ini masih dalam pencarian.
Hanyut di Sungai Blorong, Pemuda Kendal Ditemukan Meninggal
Pemuda asal Boja, Kendal, ditemukan meninggal dunia di Sungai Blorong. Korban diduga terpeleset dan hanyut ke sungai.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.