UNTUK INDONESIA

Warga Bulukumba Ditangkap di Konawe Usai Curi Mobil di Barru

Pelaku pencurian kendaraan roda empat asal Kabupaten Bulukumba Sulsel ditangkap di Konawe Sulawesi Tenggara.
Pelaku saat diamankan di Mapolres Barru. (Foto: Tagar/Polres Barru)

Barru - Pelarian Asis alias Ceper, 38 tahun, akhirnya terhenti. Pelaku pencurian mobil di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) ini, berhasil ditangkap personel gabungan di Kelurahan Tuoy, Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, pada Minggu 15 November 2020, lalu.

Asis Ceper merupakan warga Kabupaten Bulukumba. Dia ditangkap terkait laporan polisi pencurian mobil pickup di Kabupaten Barru. Ceper juga sudah kerap kali masuk penjara karena terlibat berbagai kejahatan.

Asis ditangkap di lokasi persembunyiannya di Kabupaten Konawe.

Kasat Reskrim Polres Barru AKP Alimuddin mengatakan, Asis Ceper berhasil ditangkap atas kerjasama Polres Barru, Polda Sulsel dan Resmob Polres Konawe Polda Sultra. Ia juga masuk dalam terget operasi (TO) Sikat Lipu 2020, Polres Barru.

"Asis ditangkap di lokasi persembunyiannya di Kabupaten Konawe. Pelaku ditangkap, karena terlibat berbagai kasus pencurian di Barru," kata Alimuddin kepada Tagar, Selasa 17 November 2020.

Di hadapan petugas, Asis Ceper mengakui perbuatannya kerap melakukan pencurian mobil di Kabupaten Barru. Saat beraksi, Asis Ceper bersama dengan dua orang rekannya, inisial RK dan SY. Tapi, mereka sebelumnya telah ditangkap.

"Ceper perannya sebagai pemetik. Mereka beraksi dengan cara mobile dan targetnya ialah korban yang sementara beristirahat dan parkir mobil di warung kopi yang buka 24 jam di Jalan poros Barru Parepare," bebernya.

Usai mengakui perbuatannya, Asis langsung bawa ke Kabupaten Barru, untuk dilakukan pengembangan kasus, mencari barang bukti dan penunjukan tempat dia beraksi.

Namun, di tengah perjalanan, Asis memberontak dan berusaha melarikan diri. Sehingga ditembak lalu dibawa ke rumah sakit untuk diberikan perawatan medis.

"Asis Ceper terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan masing-masing satu kali ke betisnya karena berusaha melarikan diri dan melawan petugas," ucapnya.

Selain meringkus Asis, Polisi juga berhasil menyita barang bukti berupa handphone. Sedangkan barang bukti mobil yang dicuri, sementara dalam pencarian. Dalam kasus ini, dua pelaku lainnya masih dilakukan pencarian.

"Asis telah diamankan di Mapolres Barru untuk proses hukum lebih lanjut,"tegasnya. []

Berita terkait
Dua Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor di Maros Ditangkap
Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor milik jemaah Masjid Al Fatah Umar Maros ditangkap Resmob Polda Sulsel.
Pelaku Pencurian Ponsel di Bulukumba Mengaku Khilaf
Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Ujung Bulu, Bulukumba akhirnya menangkap pelaku pencurian HP di musala SPBU.
Viral, Pencurian Motor di Indomaret Rembang Hanya 30 Detik
Aksi pencurian motor di Indomaret Rembang viral di media sosial. Pencuri hanya butuh waktu kurang dari 30 detik saat beraksi.
0
Warga Bulukumba Ditangkap di Konawe Usai Curi Mobil di Barru
Pelaku pencurian kendaraan roda empat asal Kabupaten Bulukumba Sulsel ditangkap di Konawe Sulawesi Tenggara.