Waktu Tepat Sholat Dhuha Beserta Niat

Mengucapkan niat sholat dhuha sebelum takbirotul ihram hukumnya sunnah menurut madzhab Syafi’i dan Hambali.
Sholat Dhuha (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Salah satu sholat sunnah yang biasa dilakukan sehari-hari yakni sholat dhuha. Waktu untuk sholat dhuha dijelaskan di dalam sebuah hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim; “Sholatu al-‟awwabin hina tarmudhu alfishal” (Waktu mengerjakan sholat „awwan (dhuha) adalah ketika hari panas).

Imam Muslim meriwayatkan dari Zaid bin Arqam bahwa ia berkata: “Rasulullah SAW keluar menuju penduduk Quba‟ ketika mereka akan mengerjakan sholat. Lalu beliau berkata: “Sholat „awwabin ketika hari mulai panas”. Imam al-Nawawi di dalam kitab al-Majmu berkata: “Waktunya ketika matahari meninggi (condong).”

Berikut adalah waktu yang tepat untuk Sholat dhuha.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, waktu untuk sholat dhuha berlangsung beberapa jam, dimulai sejak matahari terbit (naik) hingga condong ke barat. Waktu sholat dhuha terbagi menjadi dua bagian:


1. Awal Waktu untuk Sholat Dhuha

Untuk awal waktu sholat dhuha ini dimulai 20 menit setelah Matahari terbit. Ini sesuai dengan keterangan hadis yang diriwayatkan oleh ‘Amr bin ‘Abasah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari).” (HR. Muslim)


2. Akhir Waktu untuk Sholat Dhuha

Akhir waktu sholat dhuha ini adalah 15 menit sebelum masuk waktu sholat dzuhur.

Namun waktu terbaik atau utama mengerjakan sholat dhuha adalah di waktu yang akhir atau seperempat siang, yaitu dalam keadaan yang semakin panas. Itu sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Zaid bin Arqam.

Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan sholat dhuha (di awal pagi). Dia berkata, “Tidakkah mereka mengetahui bahwa sholat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sholat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’.” (HR. Muslim)


3. Niat Sholat Dhuha

Mengucapkan niat sholat dhuha sebelum takbirotul ihram hukumnya sunnah menurut madzhab Syafi’i dan Hambali. Fungsi dari mengucap niat sholat dhuha sendiri adalah untuk mengingatkan hati sehingga lebih mantap dan khusyu’ dalam menjalankan sholatnya.

Sedangkan menurut madzhab Maliki dan Hanafi, mengucap niat sholat dhuha sebelum mengangkat tangan dan takbirotul ihram tidak disyariatkan, kecuali bagi orang yang was-was (ragu-ragu dengan niatnya).

Kedua madzhab tersebut menyebutkan bahwa niat sholat dhuha cukup dilafalkan di dalam hati saja. Karena mengucap niat sholat dhuha adalah khilaful aula (menyalahi keutamaan) dan bid'ah (tidak dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam).

Terlepas dari perbedaan tersebut, bacaan niat sholat dhuha pada umumnya sebagai berikut.

usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Itulah waktu yang tepat untuk Sholat dhuha beserta niatnya, semoga kita termaksud orang – orang yang taat dalam menjalankan ibadah Sunnah.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Jokowi Gelar Griya di Bogor, Pemuda Katolik Sentani Amankan Jalannya Shalat Id
Jokowi gelar griya di Bogor, pemuda Katolik Sentani amankan jalannya shalat id. Pastor juga ikut membantu. Keterlibatan pastor ini membuat Nurdin Sanmas terharu.
Doa Agar Utang Cepat Lunas
Meskipun terdapat doa yang dapat membantu memudahkan seseorang dalam melunasi hutang, tetap harus diimbangi dengan usaha.
Doa Menag: Kokohkan Jiwa Raga Kami, Jaga Keindahan Negeri
Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara, sementara Menag Yaqut Cholil Qoumas memimpin doa.
0
Waktu Tepat Sholat Dhuha Beserta Niat
Mengucapkan niat sholat dhuha sebelum takbirotul ihram hukumnya sunnah menurut madzhab Syafi’i dan Hambali.