Wajib Ketahui! Ini Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir

Ketika mengecek mobil bekas, coba cium bau dalam mobil. Kalau ada bau apek, anda harus curiga kemungkinan mobil pernah terendam banjir.
Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir (Foto: Tagar/Pixabay/Andreas160578)

Jakarta – Saat musim hujan tiba, beberapa daerah di Indonesia sering kali di landa banjir. Saat banjir melanda, banyak barang-barang yang rusak akibat terkena air banjir, dan bahkan banyak yang memutuskan menjual barang tersebut dengan harga miring. Kalau anda sedang mencari mobil bekas, sebaiknya teliti sebelum membeli, agar tidak mendapat mobil bekas banjir.

Yang dimaksudkan adalah mobil yang pernah terendam banjir dan dibersihkan pemilik sebelum menjualnya. Membeli mobil bekas banjir memiliki banyak kerugian, untuk menghindari hal tersebut anda harus mengetahui ciri-ciri mobil yang bekas terendam banjir.


Interior Mobil Bau

Ketika mengecek mobil bekas, coba cium bau dalam mobil. Kalau ada bau apek, anda harus curiga kemungkinan mobil pernah terendam banjir. Bau ini disebabkan dari beberapa titik di mobil yang masih dalam kondisi basah dan susah dibersihkan. Selain itu, jika bau parfum yang berlebihan juga anda perlu berhati-hati, siapa tau tujuannya untuk menutupi bau tidak normal pada interior mobil.


Ada Bekas Lumpur atau Kotoran

Membersihkan sisa kotoran mobil yang terendam banjir bukan hal yang mudah, karena terdapat beberapa bagian yang sulit. Pastikan sebelum membeli mobil bekas, anda perhatikan dengan teliti setiap sudut mobil. Apabila terdapat kotoran lumpur atau endapan yang terasa tidak wajar maka patut dicurigai.

Jangan lupa untuk perhatikan bagian kisi-kisi AC, sudut panel, kabel di belakang dashboard, rel jok mobil dan penutup speaker. Periksa juga bagian dari kisi-kisi radiator, jika ada kerusakan, tidak orisinil bahkan ada sampah yang masih tersangkut sebaiknya waspada. Karena bisa saja hal tersebut merupakan tanda pernah terendam banjir.


Bagian Eletronik Rusak

Pada bagian elektronik memang cukup rentan dan sangat mudah bermasalah jika terkena air. Komponen kelistrikan pada mobil yang terkena air, akan menimbulkan masalah dan mengganggu kinerjanya. Beberapa bagian yang kerap bermasalah adalah audio, AC, lampu, wiper dan perangkat lain yang menggunakan sistem kelistrikan. Sebaiknya sebelum membeli, cek kondisi dari fitur yang memakai kelistrikan bekerja dengan baik. Karena jika tidak akan dapat menimbulkan masalah dikemudian hari.


Kerusakan Pada Mesin Mobil

Selain memperhatikan dari warna oli, perhatikan juga suara mesin yang dihasilkan. Jika memang belum diperbaiki, maka mobil bekas yang pernah terendam banjir akan memiliki suara lebih keras dan kasar dibandingkan dalam kondisi normal.

Mobil yang terendam banjir membuat airnya masuk ke mesin dan bercampur dengan oli. Jika begitu oli akan berubah warna menjadi coklat keputihan. Jika oli warnanya terlihat sepeti itu, bisa dipastikan mesin pernah kemasukan air.


Karat

Ciri-ciri mobil bekas banjir ditandai adanya korosi atau karat pada beberapa bagian mobil. Sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya anda memastikan tidak terdapat karat yang mencurigakan pada kolong dan juga bodi mobil. Untuk bagian interior periksa bagian pedal dan juga jok mobil, jika ada karat sebaiknya waspada.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
12 Syarat Pengajuan Kredit Mobil Melalui Leasing
Persyaratan kredit mobil melalui perusahaan leasing pada umumnya tidak berbeda dengan bank.
Ini Perbedaan Kredit Mobil Konvensional dan Syariah
Perbedaan jenis ini membuat banyak orang yang kebingungan dalam memilih antara kredit konvensional dan syariah.
Biden Kemudikan Mobil Hummer Promosi Kendaraan Listrik AS
Mobil listrik menarik kecintaan warga Amerika dengan otomotif karena para pengendara menghadapi harga bensin yang meningkat tajam
0
Wajib Ketahui! Ini Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir
Ketika mengecek mobil bekas, coba cium bau dalam mobil. Kalau ada bau apek, anda harus curiga kemungkinan mobil pernah terendam banjir.