UNTUK INDONESIA

Wafat Sebelum Dilantik, Selamat Jalan Wali Kota Siantar Terpilih

Wali Kota Pematangsiantar terpilih dalam Pilkada 2020 itu meninggal dunia saat menjalani perawatan selama 21 hari di Rumah Sakit Colombia Medan.
Asner Silalahi semasa masih hidup, saat kampanye Pilkada 2020. (Foto: Tagar/AN)

Pematangsiantar - Para pelayat mulai mendatangi rumah duka Asner Silalahi sejak Kamis, 14 Januari 2021 pagi. Mereka sampaikan turut berduka. Selamat jalan, Pak. 

Asner adalah Wali Kota Pematangsiantar terpilih dalam Pilkada 2020. Meninggal dunia saat menjalani perawatan selama 21 hari di Rumah Sakit Colombia Medan, Sumut.

Wafat pada usia 59 tahun. Dia meninggalkan seorang istri, Julianti Sihombing dan tiga anak.

Pria murah senyum itu semula memiliki riwayat terpapar Covid-19. Namun berdasarkan hasil uji swab yang keluar pada 12 Januari, almarhum dinyatakan negatif virus corona lewat uji PCR ke-4 di Rumah Sakit Colombia Medan.

Berdasarkan keterangan kerabat almarhum, Asner Silalahi mengidap penyakit kolestrol dan gula darah, sebagai penyebab dirinya meninggal dunia.

"Kami sudah mempertanyakan rumah sakit dan hasilnya negatif. Beliau mempunyai penyakit kolestrol dan gula darah," ungkap Bolmen Silalahi, adik kandung Asner Silalahi, Kamis, 14 Januari 2020.

Baca juga: Wali Kota Siantar Terpilih Wafat, Kabarnya Karena Kolesterol Tinggi

Pada Kamis pukul 04.30 WIB, jenazah Asner tiba di rumah duka Jalan Sidamanik, Kelurahan Martimbang, Kota Pematangsiantar. 

Rencananya mantan ASN Dinas PUPR tersebut akan dimakamkan pada Jumat, 15 Januari 2021.

Dalam perhelatan Pilkada 2020, Asner dan pasangannya Susanti Dewayani meraup 87 ribu suara. KPU setempat kemudian menetapkan dan mengumumkan mereka sebagai paslon terpilih.  

Asner - Susanti mendapat dukungan delapan partai politik dan menjadi paslon tunggal melawan kotak kosong.

ASN di Dinas PUPR

Asner Silalahi adalah pensiunan Dinas PUPR sebelum terjun ke dunia politik. Ayahnya seorang ASN, sementara sang ibu seorang guru.

Pria berkumis ini adalah anak ke tiga dari lima bersaudara. Sejak kecil hingga remaja dirinya tinggal di Pematangsiantar, sebelum bertugas di Tanah Papua bersama Dinas PUPR.

Jenazah Asner SilalahiJenazah Asner Silalahi di rumah duka Jalan Sidamanik, Kota Pematangsiantar, Sumut, Kamis, 14 Januari 2021. (Foto: Tagar/AN)

Asner merupakan lulusan magister di Institut Sepuluh November Surabaya. Sejak kecil, dia dikenal suka olahraga sepakbola.

Gagal Dilantik

Pada 2016 silam, kabar duka juga menggemparkan Kota Pematangsiantar. 

Hulman Sitorus yang merupakan wali kota terpilih lewat Pilkada 2016 meninggal dunia sebelum pelantikan dirinya.

Hulman pun kemudian digantikan wakilnya, Hefriansyah yang menjabat sebagai Wali Kota Pematangsiantar sejak 2017 hingga saat ini.

Hefriansyah tidak mengikuti Pilkada 2020. Periodenya akan berakhir setelah pemenang Pilkada 2020 dilantik pada Maret 2021.[Anugerah]

Berita terkait
Aksi Bersih Lingkungan PDIP Pematangsiantar pada HUT ke-48
PDIP Pematangsiantar menggelar peringatan HUT ke-48 dengan melakukan aksi gotong royong dan perayaan sederhana bersama kader.
Pria Siantar Tewas saat Cukur Rambut, Sempat Batuk dan Sesak Napas
Seorang pria di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, meninggal dunia saat mencukur rambut. Sempat batuk dan merasa sesak napas.
0
Pria di Pinrang Ditikam Badik karena Tak Bayar Utang
Pemuda berusia 18 tahun di Kabupaten Pinrang Sulsel ditangkap polisi karena menikam temannya yang tak membayar utang.