UNTUK INDONESIA
VW Tiguan Dirakit di Cikampek Susut Rp 100 Juta
VW Tiguan Rakitan dari Cikampek membuat harga mobil asal Eropa ini menyusut hingga Rp 100 juta.
Volkswagen Tiguan. (Foto: Instagram @VWIndonesia)

Jakarta - PT Garuda Mataram Motor sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) Audi dan Volkswagen Indonesia membangun fasilitas produksi di Cikampek, Jawa Barat. 

Penambahan fasilitas produksi ini dilakukan melalui anak perusahaan Indomobil lainnya, yakni PT Nasional Assemblers, dengan membangun pabrik di Cikampek untuk merakit Volkswagen (VW) Tiguan.

VW Tiguan Rakitan dari Cikampek membuat harga mobil asal Eropa ini menyusut hingga Rp 100 juta.

Harga VW Tiguan AllSpace bergeser menjadi Rp 598 juta dari harga awal Rp 650 hingga Rp 695 juta.

Jonas Cendana, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, mengatakan bahwa sebelum Tiguan Allspace diluncurkan, New Tiguan sudah lebih dulu hadir. 

Harga pasaran untuk mobil tersebut adalah Rp 650 juta dan bisa mencapai Rp 700 juta. Setelah dirakit di Cikampek turun harga.

"Sebelum Tiguan Allspace (7 seater), kami sudah luncurkan New Tiguan (5 seater). Waktu itu, kami lempar ke pasar dengan harga Rp 650 juta (mengikuti kurs euro), kalau sekarang bisa tembus Rp 700 jutaan," kata Jonas di salah satu hotel di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2019.

"Selisihnya lumayan dan pasti menguntungkan konsumen. Ya, walaupun kami harus berinvestasi dulu," ujarnya. 

Adapun layanan after sales dari VW Indonesia secara keseluruhan  sama dengan salah satu produk Jepang di Indonesia. Meski demikian, Jonas enggan menyebut secara detail.

Soal suku cadang, sejauh ini VW Indonesia tidak pernah mengalami hambatan dalam menyuplai spare parts dan servis kendaraan pelanggan. []


(Muhammad Nefki Hasbiansyah)

Berita terkait
VW Kodok Lawas Tenaga Listrik Pertama di Indonesia
Pameran yang digelar di Balai Kartini, Jakarta ini tak hanya menampilkan kendaraan listrik terbaru, namun juga hasil modifikasi.
Sulap VW Kodok Jadi Mobil Listrik, Segini Biayanya
Baterai menjadi komponen termahal untuk mengubah mobil kuno menjadi listrik. Untuk menyulap VW kodok menjadi mesin listrik butuh dana Rp 60-80 juta
Suzuki India Rilis SUV Mungil Terbaru
Suzuki India merilis mobil SUV kompak S-Presso dan meramaikan persaingan mobil kecil di sana.
0
Nobel Ekonomi 2019, Penelitian Tentang SD Inpres di Indonesia
Nobel Ekonomi tahun 2019 dimenangkan tiga ekonom dari Amerika. Salah satunya mengangkat riset tentang Sekolah Dasar (SD) Inpres di Indonesia.