Suzuki India Rilis SUV Mungil Terbaru

Suzuki India merilis mobil SUV kompak S-Presso dan meramaikan persaingan mobil kecil di sana.
Suzuki S-Presso dirilis di India pada Senin, 30 September 2019. (Foto: auto.ndtv.com)

Jakarta - Perusahaan otomotif Suzuki di India, Maruti Suzuki merilis mobil kecil terbaru mereka ke publik. Dilansir dari Motoroids, merilis mobil ini pada Senin, 30 September 2019.

Bergaya SUV kecil, mobil ini dinamai S-Presso. Mobil ini menggunakan teknologi berbasis Heartect yang juga digunakan untuk memproduksi Ertiga, Swift, Ignis, dan Baleno. 

Konsep Suzuki S-Presso sebelumnya sudah diperkenalkan kepada publik dalam pameran otomotif Delhi Auto Expo 2018. Mobil ini akan berada di bawah Suzuki Ignis dan akan melawan SUV mungil lain yang dijual di sana, Renault Kwid.

Spesifikasi

Suzuki S-Presso yang dirilis menggunakan mesin 1000 cc tiga silinder yang mengeluarkan tenaga sebesar 67 daya kuda dan torsi puncak mencapai 90 Nm. Mesin ini diklaim memiliki hemat dengan konsumsi BBM mencapai 21 km per liter. Mesin ini disambungkan ke roda depan melalui dua pilihan transmisi, yaitu 5 percepatan manual dan 5 percepatan AMT.

Pada bagian depan, Suzuki S-Presso menggunakan lampu utama halogen dengan day-time running light (DRL) LED di bagian bawah. Bagian depan tersebut menggunakan bemper besar dengan warna hitam plastik.

Sisi samping Suzuki S-Presso terlihat mobil tersebut memiliki spesifikasi ban yang biasa digunakan city car (mobil perkotaan), yaitu pelek kaleng yang ditutup dop berukuran 14 inci. Meski begitu, Suzuki S-Presso memiliki ground clearance 180 milimeter. 

Sementara pada bagian belakang, Suzuki S-Presso menggunakan lampu halogen tanpa lampu kabut belakang. Sama seperti bagian depan, bemper belakang mobil ini menggunakan plastik berukuran besar.

Suzuki S-Presso memiliki panjang 3565 milimeter, lebar 1520 milimeter, tinggi 1564 milimeter, dan jarak ban mencapai 2380 milimeter.

Teknologi

Suzuki S-Presso memiliki sejumlah fitur seperti dual airbag, rem ABS dan EBD, dan sensor parkir belakang. Selain itu, di sisi interior Suzuki S-Presso menggunakan fitur dashboard yang unik karena lokasi speedometer berada di tengah seperti Toyota Yaris generasi kedua atau XP90. Bedanya, Suzuki S-Presso menggunakan format digital.

Di sisi hiburan, mobil ini menggunakan headunit 2 Din monitor dengan konektivitas Bluetooth, USB, dan Aux.

Varian dan Harga

Suzuki S-Presso versi India dirilis dengan 6 varian yaitu Std, LXI, VXI, VXI AGS, VXI+, dan VXI+ AGS. Di India, Suzuki S-Presso dijual dengan harga  mulai dari 369.000 rupee (sekitar Rp 73,4 juta) hingga 491.000 rupee (sekitar Rp 98,2 juta).

Suzuki S-PressoSisi samping Suzuki S-Presso. (Foto: motoroids.com)

SuzukI S-PressoInterior Suzuki S-Presso. (Foto: auto.ndtv.com)

Suzuki S-PressoInterior Suzuki S-Presso dari samping. (Foto: auto.ndtv.com)

Berita terkait
Suzuki Rilis XL6, Bakal Jadi Rival Honda BRV?
Maruti Suzuki India resmi merilis mobil terbaru mereka, Suzuki XL6. Apakah bakal jadi rival Honda BRV?
Butuh Berapa Lama Bawa Pulang Suzuki Jimny Terbaru?
Tingginya minat konsumen untuk membawa pulang Suzuki Jimny generasi terbaru harus menunggu waktu yang cukup lama.
Bedah Fitur Melimpah Suzuki Jimny Generasi Keempat
Generasi Suzuki Jimny keempat yang punya fitur-fitur eksklusif dan tangguh resmi diluncurkan di ajang GIIAS di Tangerang.
0
Mendagri: Belanja Pemerintah Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi
Mendagri mengatakan, belanja pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan tulang punggung utama bagi pertumbuhan ekonomi nasional.