UNTUK INDONESIA
Virus Corona Menggila, PKS Kritik China Bebas Visa
Politikus PKS Sukamta mendorong pemerintah mencabut fasilitas bebas visa turis China dan pemulangan WNI dari Wuhan, guna menghindari virus corona.
Kesiagaan menghadapi virus corona baru (Foto: abc7news.com)

Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukamta meminta pemerintah untuk segera mengevakuasi 234 warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini berada di Wuhan, China. Dia mengaku cemas melihat kian bertambahnya korban jiwa yang terjangkit virus corona.

Sukamta mengaku sempat mendengar kabar Kementerian Luar Negeri sedang berupaya memulangkan WNI dari Wuhan, China, yang saat ini dikarantina.Dia mendorong pemerintah agar tidak bergerak lamban.

Baca juga: Mendag Agus Suparmanto Siap Antisipasi Virus Corona

Dengan kebijakan mencabut sementara fasilitas bebas visa untuk turis China.

“Langkah paling logis untuk memastikan WNI aman adalah dengan dikeluarkan dari wilayah isolasi. Kami harapkan bisa berhasil dan ditindaklanjuti dengan penerjunan tim khusus dari Indonesia untuk menjemput WNI,” katanya saat dijumpai Tagar, di kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 29 Januari 2020.

Menurut data yang diterimanya, penyebaran wabah virus corona hingga Rabu 29 Januari 2020, tercatat 5.578 orang positif di seluruh dunia sudah terjangkit penyakit mematikan ini. Sebanyak 131 orang meninggal dunia.

Wakil Ketua Fraksi PKS itu menegaskan agar pemerintah segera menyiapkan penanganan intensif di dalam negeri, sebagai langkah antisipasi jika ada yang terinfeksi virus corona. Sehingga penyakit itu tidak menjalar kemana-mana.

SukamtaAnggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sukamta. (Foto: Tagar/Fernandho Pasaribu)

“Langkah antisipatif harus secara ketat dilakukan, mengingat virus sudah menyebar di 16 negara di luar China," ucapnya.

Baca juga: Vaksin HIV Bisa Sembuhkan Virus Corona adalah Hoaks

Dia menyarankan pemerintah dalam hal ini perlu sesegera mungkin mengambil tindakan untuk membekukan visa warga negara China dan warga negara lain yang pernah singgah di Tiongkok, agar tidak mudah masuk Indonesia. 

"Dengan kebijakan mencabut sementara fasilitas bebas visa untuk turis China,” kata Sukamta.

Dia meyakini, apabila langkah tersebut dilakukan pemerintah Indonesia, maka Otoritas China bisa memaklumi kebijakan yang ditempuh Pemerintah RI dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Tanah Air.

“Menjaga keamanan dan keselamatan WNI (dari virus corona) adalah prioritas utama. Pemerintah tidak perlu ragu untuk segera menerapkan kebijakan (cabut visa China) yang ketat soal ini," ucap politikus PKS itu. []

Berita terkait
Sumsel Terima Turis dari Negara Terjangkit Corona
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru tidak akan melarang wisatawan dari negara yang terjangkit wabah virus corona.
Penjelasan Dokter Soal Virus Corona dari Kelelawar
Virus corona dari kelelawar dapat menulari manusia ketika mengalami perubahan sifat (mutasi) melalui proses penularan yang disebut sonusi.
Viral Pasien Corona di Malang, Dokter: Hanya ISPA
Sebelumnya tersebar sebuah video di media sosial tentang adanya pasien diduga terjangkit virus corona dan dirawat di RSSA Malang.
0
Perusahaan di Jabar Pastikan Karyawan Bebas Covid-19
Pemprov Jabar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan pengawasan dan inspeksi baik sebelum dan setelah PSBB diberlakukan