Viral Tukang Palak Kena Cukur Alis di Pantai Losari Makassar

Video pemuda dihukum dengan cukur alis di kawasan Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sulsel viral di media sosial.
Petugas saat mencukur alis kedua pemuda yang melakukan pungutan liar modus parkir di Pantai Losari Makassar. (Foto: Tagar/Istimewa)

Makassar - Viral potongan rekaman video yang memperlihatkan dua pemuda dihukum dengan cukur alis di kawasan Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sulsel. Video ini pertama kali diunggah akun Facebook, Hariadi Pata Nonci NnZz, pada Minggu, 1 November 2020 kemarin.

Dalam rekaman video, terlihat kedua anak atau pemuda ini mengenakan pakaian dan jaket berwarna hitam. Mereka diamankan oleh petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polsek Ujung Pandang di Anjungan Pantai Losari.

Beredar kabar, jika kedua pemuda tersebut diamankan karena kedapatan melakukan pungutan liar terhadap pengunjung yang memarkir kendaraannya, di lokasi wisata ikonik Kota Daeng itu. Sehingga, petugas yang geram akan perbuatannya, langsung diamankan dan diberikan hukuman sanksi sosial berupa cukur alis.

Mereka diamankan karena minta biaya parkir kepada pengunjung. Padahal biaya parkir di Pantai Losari itu gratis.

"Sudah berapa kali diberitahukan, Pantai Losari itu gratis parkir. Sanksi sosial agar diingat orang, sehingga alismu diambil (dicukur)," ucap petugas dalam rekaman video saat mengamankan kedua pemuda tersebut.

Unggahan video dan sejumlah foto saat kedua pemuda diberikan hukuman cukur alis tersebut, mendapat respon positif dari warganet.

"Ijin saran komandan. Nanti kalau ada lagi yang berbuat begitu. Sekalian botak seperti tuyul komandan (emot ketawa)" tulis akun Facebook, Nurul Akram di kolom komentar.

Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud mengatakan, kedua pemuda itu diamankan oleh petugas gabungan saat pengamanan di Anjungan Pantai Losari, pada Sabtu 31 Oktober 2020, malam. Mereka tertangkap tangan, tengah melakukan pengutan liar terhadap pengunjung dengan modus biaya parkir.

"Mereka diamankan karena minta biaya parkir kepada pengunjung. Padahal biaya parkir di Pantai Losari itu gratis. Sehingga, kedua pemuda ini diberikan sanksi sosial (cukur alis), biar jera," kata Iman Hud, Senin, 2 November 2020.

Iman menjelaskan, pengunjung kawasan wisata Anjungan Pantai Losari sebenarnya sudah tidak lagi dibebankan biaya parkir sejak tahun 2015. Sehingga, barang siapa yang meminta biaya parkir kepada para pengunjung merupakan perbuatan pungutan liar.

"Kami sebenarnya kecolongan. Mereka sudah lama melakukan pungutan liar kepada pengunjung Pantai Losari. Mereka itu memaksa para pengunjung untuk bayar, bahkan mengancam," ujarnya.

Baca juga:

Saat dilakukan pemeriksaan badan terhadap kedua pemuda tersebut, petugas menemukan sejumlah uang di kantung celananya. Uang tersebut diduga hasil dari pungutan liar parkir.

"Kami temukan uang puluhan ribu, padahal baru beberapa jam mereka beraksi waktu malam Minggu kemarin. Mereka akui kalau uang itu, hasil biaya parkir," katanya.

Usai diberikan hukuman atau sanksi sosial, kedua pemuda tersebut dibebaskan dan diminta untuk pulang ke rumahnya. Iman berharap, agar tidak ada lagi masyarakat melakukan pengutan liar di Anjungan Pantai Losari Makassar. []

Berita terkait
Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Anjungan Pantai Losari
Sesosok pria tanpa identitas ditemukan tak bernyawa di dermaga Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar. Ini identitasnya
Pemkot Makassar Kembali Buka Pantai Losari
Pemerintah Kota Makassar kembali akan membuka kawasan wisata Pantai Losasi setelah ditutup pada pertengahan bulan Maret 2020 lalu, Akibat Covid-19.
Pantai Losari Makassar Ditutup Sementara Dua Pekan
Pemerintah Kota Makassar menutup kawasan anjungan Pantai Losari Makassar hingga 14 hari ke depan mulai Rabu, 18 Maret hingga Selasa, 31 Maret 2020.
0
Kejaksaan Agung dan Kementerian BUMN Bersihkan PT Garuda Indonesia
Hasil audit menyebutkan negara mengalami kerugian hingga Rp 8,8 triliun akibat pengadaan pesawat pada kurun waktu 2011-2021