UNTUK INDONESIA
Debat Paslon Cakada Bulukumba Dipindahkan ke Makassar
KPU Bulukumba memindahkan lokasi debat publik putaran pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba. Ini alasannya
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Awaluddin (Foto: Tagar/Afriansyah Lahia)

Bulukumba - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Sulawesi Selatan terpaksa memindahkan lokasi debat publik putaran pertama pasangan calon bupati dan wakil bupati Bulukumba di Kota Makassar, pada 6 November 2020 mendatang.

Debat publik yang awal rencanannya dilaksanakan di Bulukumba, tetapi suatu hal debat itu kami pindahkan ke Kota Makassar.

Lokasi debat publik empat pasangan calon nantinya dilaksanakan di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Debat publik yang awal rencanannya dilaksanakan di Bulukumba, tetapi suatu hal debat itu kami pindahkan ke Kota Makassar," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Bulukumba, Awaluddin kepada sejumlah wartawan di Kecamatan Bontobahari, Selasa 3 November 2020.

Pemindahan debat publik pasangan calon di Kota Makassar, menurut Awaluddin, melihat persiapan sesuai keputusan KPU dalam penyiaran debat diwajibkan bekerjasama dengan stasiun televisi swasta atau nasional terkait pelaksanaan debat.

"Ada beberapa stasiun televisi yang bertepatan dengan jadwal. Terkait jadwal ini, mulai pukul 19.30 Wita sebab malamnya rutinitas kita tidak terlalu sibuk, apalagi dilaksanakan di Makassar. Ini yang lebih efektif karena stasiun televisi rata-rata di Kota Makassar," bebernya.

Bahkan KPU Bulukumba sendiri tak memiliki anggaran lebih jika menggunakan stasiun televisi nasional. Selain itu juga, kata Awaluddin, pihaknya memiliki pertimbangan sendiri jika debat publik dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba.

"Kalau 11 kabupaten lain yang melaksanakan Pilkada hampir semua debat ada di Makassar, selain Kota Makassar pada 7 November debatnya di Jakarta. Pertimbangan lainnya saya kira di Makassar hanya menghindari pengerahan massa dari paslon walaupun tidak dilakukan, hanya kami mengantisipasi itu," ujar Awaluddin.

Ia menjelaskan debat publik nantinya KPU Bulukumba menghadirkan lima orang panelis yang berasal dari NGO, Akademisi, Profesional atau Pemerhati.

"Kalau debat pertama penyampaian visi misi dan pendalaman visi misi, lalu tanya jawab karena ada tim penyusun materi termasuk materi pertanyaan, nantinya pasangan calon yang memilih akan dibacakan oleh moderator," tuturnya.

Sekedar diketahui, empat pasangan calon telah ditetapkan oleh KPU Bulukumba, diantaranya nomor urut 1 pasangan Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking (HM21) yang diusung partai Golkar, Demokrat dan Hanura.

Nomor urut 2 ada pasangan calon H. Askar HL - Arum Spink dengan tagline Bulukumba Asik, yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), NasDem dan partai Gelora.

Kemudian pasangan calon nomor urut 3 Tomy Satria Yulianto - Andi Makassau (Kacamatayya) diusung partai PKB, PDI Perjuangan, PBB dan PSI.

Lalu pasangan calon nomor urut 4 Muchtar Ali Yusuf - Andi Edy Manaf (Harapan Baru) yang diusung partai Gerindra, PKS, PAN dan Berkarya. []

Berita terkait
18 Pelanggaran Netralitas ASN di Pilkada Bulukumba
Bawaslu Bulukumba mencatat 18 pelanggaran netralitas yang dilakukan ASN pada Pilkada 2020.
KPUD Bulukumba Rancang Tahapan Debat Kandidat Pilkada
Ini jadwal debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba Sulsel.
KPU Tetapkan Desain Surat Suara Pilkada Bulukumba
KPU Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, telah menetapkan model desain surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba 2020.
0
Debat Paslon Cakada Bulukumba Dipindahkan ke Makassar
KPU Bulukumba memindahkan lokasi debat publik putaran pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba. Ini alasannya